14 Siswa SMK Magang di Harita Nickel

  • Bagikan
Siswa SMK Global Pratama Obi saat melaksanakan program magang di Harita Nickel (Foto: Istimewa)

LABUHA – Sebanyak 14 siswa SMK Global Pratama Obi, Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) melaksanakan program magang Harita Nickel. Kegiatan magang di Site Kawasi, Kecamatan Obi, itu akan berlangsung selama 30 hari terhitung sejak Senin (2/9).

Kegiatan magang ini diawali dengan proses pengenalan lingkungan tambang atau yang biasa disebut induksi, proses ini penting dilakukan agar para peserta magang dapat memahami betul tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Setelah itu, para siswa kelas XI tersebut dibagi ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan bidang yang mereka minati terkait pendidikan kejuruan pertambangan.

Empat siswa tergabung dalam program magang di PT Trimegah Bangun Persada (TBP) yang berada dalam naungan Harita Group. Sementara itu 10 siswa lainnya tersebar di dua perusahaan kontraktor Harita Group yaitu PT Parama dan PT HPMU.

Head of Grade Control (GC) PT TBP, Sulistio Yuwono menyambut positif kegiatan magang ini . Ia menuturkan, Harita Nickel Division terbuka bagi para pelajar yang ingin menambah pengalaman di bidang pertambangan.

“Untuk tingkat SMK ini sudah kedua kalinya. Sebelumnya ada pula dari SMK jurusan pertambangan di Bacan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa praktik lapangan ini menjadi kesempatan bagus bagi para siswa untuk melengkapi teori-teori yang sudah dipelajari di kelas. Beberapa hal yang dipelajari oleh siswa magang di Departemen GC ini antara lain pengenalan nikel, mengidentifikasi kadar nikel, cara menambang yang baik dan benar, hingga mengetahui jenis-jenis batuan yang ada di sekitar lokasi tambang.

“Mereka ditempatkan di sini karena sesuai dengan hal-hal yang mereka pelajari di sekolah,” jelas Sulistio.

Melalui kegiatan ini, lanjut Sulistio, diharapkan para peserta magang nantinya dapat bersaing dengan sumber daya manusia lainnya dari berbagai daerah.

Seorang peserta magang, Ando Pawole mengaku senang dengan adanya kesempatan belajar di kawasan pertambangan Harita Nickel Division ini.

“Alhamdulillah lancar. Kami belajar pengambilan sampel dan mencari tahu kadar nikel. Saya pribadi senang magang di sini karena bisa melengkapi ilmu-ilmu yang sudah dipelajari dalam kelas. Di sini kami bisa praktik secara langsung,” jelas Ando.

Ia pun merasa semakin bersemangat mempelajari ilmu pertambangan.

“Saya semakin semangat untuk mempelajari ilmu pertambangan dan suatu saat nanti ingin berkarir di bidang ini,” ujarnya.

Sementara itu, Deputy Head Corporate Social Responsibility (CSR) and External Relation Harita Nickel Division, Alexander Lieman mengapresiasi adanya kerja sama dalam bidang pendidikan ini.

“Kami dari perusahaan sangat senang bisa menjadi host untuk kegiatan magang ini. Kami berharap dengan keterbukaan ini juga membuka jalan bagi generasi muda kita di dunia pertambangan agar terus maju,” singkatnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut