Jabatan Dandim 1508/Tobelo Resmi Berganti

  • Whatsapp
Danrem 152/Babullah, Kolonel Inf Endro Satoto saat memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) jabatan Dandim 1508/Tobelo dari Letnan Kolonel Kav Tri Sugiarto kepada Letnan Kolonel Inf Raymond Sitanggang (Foto: Istimewa)

TERNATE – Jabatan Komandan Kodim (Dandim) 1508/Tobelo yang sebelumnya ditempati Letnan Kolonel Kav Tri Sugiarto, mulai hari ini resmi berganti. Komandan Korem (Danrem) 152/Babullah, Kolonel Inf Endro Satoto memimpin langsung Serah Terima Jabatan (Sertijab) jabatan Dandim 1508/Tobelo dari Letnan Kolonel Kav Tri Sugiarto kepada Letnan Kolonel Inf Raymond Sitanggang bertempat di gedung Babullah Korem 152, Selasa (10/9/2019).

Danrem 152/Babullah, Kolonel Inf Endro Satoto dalam amanatnya menyampaikan Kodim 1508/Tobelo mempunyai wilayah tanggung jawab yang  meliputi Kabupaten Halmahera Utara dan Kabupaten Pulau Morotai, dimana kedua wilayah ini memiliki kondisi sosial, ekonomi, suku bangsa, adat istiadat yang beragam, serta memiliki letak geografis yang cukup berjauhan dan dipisahkan oleh lautan.

Muat Lebih

“Selain itu juga terdapat suatu tantangan tersendiri dimana kedua wilayah tersebut berada di bibir samudera pasifik, dimana sering terjadi adanya upaya pelanggaran batas, upaya eksodus hingga kegiatan illegal fishing dan illegal mining di kedua wilayah tersebut,” ungkap Endro.

Sedangkan khusus untuk wilayah Morotai yang masuk kedalam prioritas penempatan kekuatan TNI, , lanjut Endro, di pulau tersebut akan dibangun pangkalan militer sekaligus Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) khususnya di bidang pariwisata. Sehingga secara tidak langsung berdampak pada adanya kerawanan wilayah akibat kebijakan tersebut, oleh karenanya diperlukan peranan lebih dari satuan territorial guna mengantisipasi segala kemungkinan yang mungkin terjadi.

“Tugas dan tanggung jawab Dandim 1508/Tobelo  saat ini cukup berat, terutama berkaitan dengan berbagai kegiatan yang bersifat Program maupun Non Program. Namun saya percaya Letnan Kolonel Inf Raymond Sitanggang mampu untuk mengemban tugas mulia ini dengan baik,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem 152/Babullah juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya kepada Letnan Kolonel Kav Tri Sugiarto beserta isteri, atas dharma bhaktinya dalam memimpin Kodim 1508/Tobelo selama ini. Dan kepada Letnan Kolonel Inf Raymond Sitanggang dan isteri disampaikan selamat bertugas di Kodim 1508/Tobelo.

Setelah acara serah terima jabatan Dandim 1508/Tobelo, dilanjutkan dengan serah terima Ketua Persit KCK Cabang XXlV Kodim 1508 dari Ny Tri Sugiarto kepada Ny Raymond Sitanggang, yang dipimpin langsung oleh Ketua Koorcab Korem 152 PD XVI/Pattimura Ny Diana Nurkatika.

Dandim 1508/Tobelo yang baru yaitu Letnan Kolonel Inf Raymond Sitanggang sebelumnya menjabat sebagai Danyonif Raider Khusus 732/Banau. Sedangkan pejabat lama Letnan Kolonel Kav Tri Sugiarto selanjutnya akan bertugas sebagai Waka Infolahta Kodam XVI/Pattimura.

Hadir dalam acara tersebut Dandim jajaran Korem 152/Babullah, Danyonif 732/Banau, para Dan/Ka Balakrem, para Kasi/Pasi, Ketua Persit KCK Koorcab Korem 152 beserta pengurus dan sejumlah Perwira, Bintara dan Tamtama jajaran Korem 152/Babullah. (Ajo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *