Stok Blangko e-KTP di Dukcapil Halsel Menipis

  • Whatsapp
(Foto: Ilustrasi e-KTP)

LABUHA – Layanan pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara (Malut), kembali terkendala. Stok blangko e-KTP mulai menipis sehingga Dukcapil lebih memprioritaskan layakan pada masyarakat yang belum pernah melakukan perekaman.

“Yang belum sama sekali memiliki e-KTP itu rekam baru. Kalau yang sudah memiliki KTP lalu kemudian hilang maka yang bersangkutan hanya mendapatkan Surat Keterangan (Suket),” kata Sekretaris Dukcapil Halsel, Mahmud Samiun saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (10/9/2019).

Muat Lebih

Untuk sementara stok blangko e-KTP yang dimiliki Dukcapil Halsel hanya sebanyak 500 keping dan hanya tersedia untuk pelayanan dalam waktu tiga sampai empat bulan kedepan.

“Kita sudah sampaikan laporan kepada Dirjen Dukcapil Kemendagri tapi sampai saat ini belum ada balasan,” sebutnya.

Masyarakat yang sudah rekam dan e-KTP hilang atau hendak mengganti, akan dilayani pada tahun 2020 mendatang.

“Sementara mereka hanya diberikan Suket, sambil menunggu proses tahun 2020 ada blangko e-KTP baru dari Kemendagri,” terangnya.

Sementara untuk blangko Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran, saat ini masih banyak. Bahkan, stok blangko dan akta kelahiran diperkirakan sampai pertengahan tahun 2020 juga belum habis terpakai.

“Begitu juga stok blangko Kartu Identitas Anak (KIA) saat ini Dukcapil Halsel mengantongi 40.000 keping KIA,” pungkas Mahmud.  (Ajo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *