Polda Malut Teken MoU Dengan Kanwil Kemenag dan UMMU

  • Whatsapp
Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Suroto bersama Kepala Kanwil Kemenag Sarbin Sehe dan Rektor UMMU Ternate Saiful Deni memperlihatkan naskah MoU yang baru diteken bersama (Foto: Istimewa)

TERNATE – Polda Maluku Utara (Malut) menggelar Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Kanwil Kemenag Malut dan Universitas Muhamadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate terkait pembinaan Harkamtibmas dan menumbuhkan kesadaran hukum di lingkungan kampus dan madrasah.

Turut hadir dalam kegiatan Kapolda Malut Brigjen Pol Suroto, Pejabat Utama (PJU) Polda Malut, Kepala Kanwil Kemenag Malut Sarbin Sehe, Rektor UMMU Ternate Saiful Deni dan Perwakilan Kasat Binmas jajaran Polda Malut, bertempat di aula Waterboom Kelurahan Kayu Merah, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate.

Muat Lebih

Kapolda Malut Brigjen Pol Suroto mengatakan, tugas pokok Polri sebagaimana tercantum pada Pasal 13 UU nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, memilihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), menegakan hukum, melindungi dan mengayomi masyarakat.

“Dalam pasal 3 UU tersebut, dijelaskan dalam  tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia dibantu oleh Kepolisian Khusus (Polsus), Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dan PAM Swakarsa,” kata Suroto dalam sambutanya, Rabu (11/9/2019).

Suroto menambahkan, berkaitan dengan PAM Swakarsa inilah termasuk didalamnya Lingkungan Kampus dan Lingkungan Madrasah diharapkan mampu berpartisipasi aktif dalam ikut serta memilihara Kamtibmas dan Sadar Hukum minimal di lingkungan masing-masing.

“Dalam rangka mewujudkan tercapainya harapan tersebut Polda Malut sebagai Pembina Fungsi dalam Memelihara Kamtibmas, maka berupaya mengajak Kanwil Kemanag Malut untuk membuat kesepakatan bersama dalam hal pembinaan pemeliharaan Kamtibmas dan menumbuhkan kesadaran hukum di lingkungan masing-masing,” harapnya.

Perlu adanya kesadaran masyarakat sebagai Objek dan Subjek terkait gangguan Kamtibmas, dan juga perlu adanya kesadaran dari masyarakat untuk memiliki Kesadaran Hukum yang tinggi.

Sementara Ketua Panitia, Kombes Pol M Nasihin mengatakan berupaya memelihara situasi Kamtibmas yang sudah ada, memelihara situasi Kamtibmas bukan ditugaskan oleh Polri dan TNI melainkan d bantu oleh masyarakat maupun instansi terkait yang ada.

“Dengan adanya upaya kesepakatan antara Polri dan Kementerian Agama serta Kampus UMMU agar kita mencegah Bahaya Narkoba dan Radikalisme, bukan hanya Kementerian Agama dan Kampus UMMU saja melainkan perwakilan sekolah dan kepramukaan juga mengikuti kegiatan kami,” pungkasnya. (Ajo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *