Palang Kantor Desa, Ketua BPD dan Beberapa Oknum Warga Bisui Dipolisikan Kades

  • Bagikan
Sejumlah oknum warga Desa Bisui Kecamatan Gane Timur Tengah ketika memalamh kantor Desa Bisui (Foto: Istimewa)

TERNATE – Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Bisui, Kecamatan Gane Timur Tengah, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) berinisial S dan beberapa oknum warga Bisui, diduga Rabu (11/9) kemarin melakukan pemalangan kantor Desa Bisui. Akibatnya, Ketua BPD dan beberapa warga Desa Bisui ini harus berurusan dengan Polisi karena dilaporkan oleh  Kepala Desa (Kades) Bisui, Sudirman Hi Muhammad ke Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit-Reskrium) Polda Maluku Utara.

“Saya datang di Dit Reskrimum untuk melaporkan oknum Ketua BPD, sebelumnya saya sudah laporkan ke Danpos dan Bhabinkamtibmas Kecamatan Gane Timur Tengah tetapi tidak ada respon, makanya kami tindak lanjuti ke Polda,” kata Kades Bisui, Sudirman Hi Muhammad kepada KabarMalut, Kamis (12/9/2019).

Menurut Sudirman, aksi pemalangan kantor desa ini beawal ketika Ketua BPD merampas kunci kantor desa, selanjutnya beberapa oknum warga langsung melakukan pemalangan kantor.

“Alhamdulillah kami melaporkan ke Polda dan mereka mersepon dengan baik, Polda sampaikan ke Polsek Kecamatan Gane Timur Tengah jika Polsek tidak tindak lanjuti, kami bakal balik lagi ke Dit Reskrimum,” jelasnya.

Sejumlah perwakilan masyarakar bersama Kades Bisui, Sudirman Hi Muhammad didampingi Penasehat Hukum saat membuat laporan Polisi Dit-Reskrimum Polda Maluku Utara (Foto: Yasim/KabarMalut)

Kades Bisui berharap Polisi membuka pemalangan kantor desa tersebut agar Pemerintah Desa bisa beraktifitas dan melayani masyarakat. Selain itu, pelaku pemalangan juga harus segera ditangkap untuk mempertanggung jawabkan perbuatan mereka.

“Kami berharap juga polisi secepatnya menangkap oknum-oknum yang melakukan pemalangan kantor desa diproses sesuai hukum,” harapnya.

Sementara itu, Kabag Wasidik Dit-Reskrimum Polda Malut, Kompol Suryadi mengaku kedatangan Kades ke  Dit Reskrimum melaporkan peristiawa yang terjadi di Desa Bisui, karena Desa Bisui jarangnya jauh denag Polsek setempat. Polda Malut telah memerintahkan Kapolsek setempat agar segera turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Setelah dihubungi Kapolsek langsung memerintahkan anggotanya dan mengajak Danramil untuk turun langsung ke TKP,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut