Peringati Harhubnas ke-48, Dishub Pulau Taliabu Bersihkan Pantai

  • Bagikan
Suasana pembersihan Pantai Bobong, Pulau Taliabu dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional ke-48 tahun (Foto: Hamsan/KabarMalut)

BOBONG – Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-48, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, menggelar aksi Bakti Sosial pembersihan pantai di sepanjang Pantai Bobong. Aksi sosial ini merupakan rangkaian dari kegiatan perayaan Harhubnas yang jatuh pada 12 September tahun berjalan dan selama 6 tahun Kabupaten Pulau Taliabu.

Kepala Dishub Pulau Taliabu, Abd Kadir Nur Ali mengatakan bahwa kegiatan Harhubnas ke 48 tahun 2019 dengan mengusung tema ‘Bakti Nyata Dinas Perhubungan’ ini, untuk tahun ini diadakan kegiatan bakti sosial dengan melakukan pembersihan pantai Desa Bobong dengan melibatkan beberapa instansi berupa TNI AD, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, Sahabandar dan Satpol PP.

“Kegiatan hari ini khusus untuk pembersihan bibir pantai,” kata Abd Kadir saat dikonfirmas, Kamis (12/9/2019).

Sesuai arahan Menhub melalui Dirjen Laut, mengintrupsikan untuk melaksanakan gerakan bersih laut dan pantai secara nasional. Karena, limbah rumah tangga yang dibuang ke laut melalui pantai terus meningkat, dimana berdasarkan data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik disebutkan bahwa sampah plastik mencapai angka 64 juta ton per tahun dimana 3,2 ton dibuang ke Laut.

“Dengan kajian ini Dishub akan bekerjasama dengan dinas terkait dan desa untuk menjaga warga untuk tidak membuang sampah rumah tangga di laut dan pantai lagi,”tuturnya.

Dengan langkah ini, nantinya pencemaran laut dari limbah plastik akan berkurang, apalagi sejuah ini pantai Bobong terutama pesisir Pulau Taliabu dari Timur sampai Selatan, para nelayan sering mengeluhkan sampah plastik yang berserahkan di pantai.

“Secara bertahap kita akan atasi limbah sampah rumah tangga yang berserahkan di laut ini,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut