Pulau Morotai Kembali Diberi Penambahan Kapal Tol Laut

  • Bagikan
Kapal Logistik Nusantara III, tol lautt Trayek T-15 saat membongkar muatan di Pelabuhan Laut Daruba (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Setelah meraih penghargaan Tol Laut Award pada Maret lalu, sebagai jumlah throughput kontainer terbanyak di tahun 2018. Kini Kabupaten Pulau Morotai kembali diberikan bantuan penambahan kapal tol laut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pulau Morotai, Abjan Sofyan mengaku saat ini Morotai mendapatkan penambahan kapal tol laut yakni kapal  KM Logistik Nusantara III, Tol Laut trayek T-15 dengan pembangunan aplikasi Logistic Comunication System (LCS) untuk komoditi berbasis karakteristik.

“Trayek pembangunan aplikasi LCS ini dari hasil permintaan Bupati Pulau Morotai, Benny Laos dengan Ditjen Perhubungan Laut dan permintaan bupati untuk penambahan kapal tol laut, dengan pertimbagan Morotai merupakan daerah perbatasan dan daerah strategis nasioanal,” kata Abjan kepada KabarMalut di ruang kerjanya, Kamis (12/9/2019).

Dengan betambahnya kapal tol laut di Pulau Morotai, maka meningkat pula kapasitas bongkar muat muatan dari Surabaya maupun muatan angkut dari Pulau Morotai ke Surabaya bertambah, dalam sebulan akan dilakukan dua kali trayek.

“Kedua kapal yang akan beroperasi Surabaya ke Morotai dan Morotai ke Surabaya yakni KM Logistik Nusantara II,  dan KM Logistik Nusantara III Voy milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni),” tutur Abjan.

Kapal tol laut ini tidak hanya mengangkut ikan, tapi bisa pula mengangkut hasil bumi seperti kopra, batang kelapa dan sejumlah komoditi lainya. Jika sebelumnya tol laut hanya dikhusus angkutan bahan pokok, kini berlaku untuk semua muatan.

“Untuk angkutanya diluar dari bahan pokok juga bisa, trayek tol laut yang tadinya hanya satu kali dalam sebulan saat ini dalam satu bulan sudah dua kali,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut