Pembangunan Gedung Bakal Rampung, RSUD Morotai Diusulkan Naik Kelas

  • Bagikan
Pembangunan gedung RSUD Pulau Morotai yang sedang berlangsung (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Pembangunan gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pulau Morotai, Maluku Utara, direncanakan bakal rampung pada Desember 2019 mendatang. Dengan begitu, proses pelayanan akan mulai normal dan statusnya (kelas) perlu dinaikan dari sebelumnya.

Direktur RSUD Pulau Morotai, Julius Giscard Croons mengaku proses pekerjaan bangunan RSUD yang bersumber dari DAK Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sebesar Ro 34 miliar, kini progresnya telah mencapai 60 persen. Ditargetkan, Desember mendatang seluruh pekerjaan bakal rampung dan dioperasikan melayani masyarakat.

“Jadi pembagunan RSUD ini didalamnya terdapat tiga bangunan, yakni bangunan UGD, ICU dan pembangunan Instansi Radiologi. Namun, bangunan radiologi sendiri akan diisi alat ronseng tipe digital,” ungkap Julius saat dikonfirmasi Jumat (13/9/2019).

RSUD berskala nasional perlu mendapat kenaikan status (kelas), maka akan diusulkan ke Kemenkes melalui Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, agar kelasnya naik dari tipe D ke C.

“Tahun depan kami akan usulkan kenaikan kelas dari D ke C, , karena saat ini RSUD Morotai itu masih kelas D,” tutur Julius.

Dengan adanya pembangunan RSUD berskala nasional ini, maka dipasti akan ada penambah biaya operasional. Sehingga diharapkan kedepan perlu adanya penambahan biaya operasional sesuai kebutuhan.

“Karena akan ada penambahan tenaga baik itu tenaga medis, cleaning servive dan sejumlah tenaga lainnya,” terangnya.

RSUD Morotai sendiri akan memiliki alat Hyperbaric Chamber yang digunakan untuk para pasien mengalami gangguan dekompresi saat menyelam di laut. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut