Peringati HUT ke-71, Polwan Gelar Syukuran

  • Whatsapp
Acara syukuran HUT Polwan ke-71 (Foto: Istimewa)

TERNATE – Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara menggelar acara syukuran dalam rangka memperingati Hari Jadi Polisi Wanita (Polwan) ke-71. Kegiatan syukuran dengan mengangkat tema ‘Dengan Semangat Promoter Pengabdian Polwan Untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara’, berlangsung di ball room Royal Resto Ternate, Jumat (13/9/2019.

Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Suroto dalam membacakan sambutan Kapolri  Muhammad Tito Karnavian intinya yaitu mengucapkan Selamat Hari Jadi Powan RI ke-71, segenap doa senatiasa teriring kepada seluruh Polwan dimana pun bertugas.

Muat Lebih

“Peringatan Hari Jadi Polisi Wanita menjadi momentum untuk menghormati eksistensi dan kontribusi Polwan, tidak hanya bagi kemajuan institusi Polri, namun juga bagi masyarakat, bangsa dan negara,” kata Suroto.

Sejarah mencatat kelahiran Polwan tidak dapat dipisahkan dari perjalanan bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kapolda Maluku Utara, Brigjen Suoroto  didampingi Ibu Asuh Polwan, Santi Yulita menyerahkan tumpeng kepada Polwan tertua Kompol Nurhasanah dan Polwan termuda Bripda Nabila Fadlunisa pada HUT Polwan ke-71 (Foto: Istimewa)

Suroto mengatakan latar belakang pembentukan Polwan adalah kebutuhan masyarakat terhadap kehadiran petugas keamanan berjenis kelamin wanita, mereka dibutuhkan untuk menangani pengungsian besar-besaran akbiat agresi militer Belanda I tahun 1047.

“Enam orang Polwan pertama, sekaligus enam wanita ABRI pertama, juga mendapatkan kesempatan untuk mengemban tugas-tugas operasional di lapangan, bahkan berada di garis terdepan pertempuran dan wilayah pedalaman,” jelasnya.

Eksistensi Polwan dalam berbagai bidang penugasan telah menunjukan prestasi yang membanggakan. Polwan menjadi salah satu elemen penting dalam mewujudkan institusi Polri yang profesional, moderen dan terpercaya.

Setelah selesai membacakan sambutan Kapolri, Kapolda Maluku Utara  didampingi Ibu Asuh Polwan, Santi Yulita menyerahkan tumpeng kepada Polwan tertua dan termuda. Polwan tertua yang menerima tumpeng yakni Kompol Nurhasanah Kasetum Polda Maluku Utara dan yang termuda Bripda Nabila Fadlunisa Brigadir Dit Samapta Polda Maluku Utara.

Ketua Bhayangkari Polda Maluku Utara sekaligus Ibu Asuh Polwan, Santi Yulita saat diwawancarai (Foto: Yasim /KabarMalut)

Sementara itu, Ketua Bhayangkari Polda Maluku Utara, Santi Yulita mengatakan di usia ke-71 Polwan yang ada di daerah Polda Maluku Utara sudah banyak memeliki prestasi di masing-masing bidang. Dari prestasi yang didapat ini melalui dari juara di tinggkat insi bicara dalam bahasa Inggris, adapun yang telah mengikuti juara tinggkat lomba nasional, bahkan hingga ke luar negeri.

“Sekarang ada juga yang berangkat ke Amerika untuk menjadi pembicara dalam pertemuan Polwan se-dunia,” kata Santi kepada wartawan, usai acara syukuran HUT Polwan ke-71.

Tentu diusia yang ke-71, Polwan yang ada di daerah Polda Maluku Utara khususnya dan daerah timur akan tetap semangat agar Polwan lebih baik lagi khususnya di tinggkat nasional.

“Polwan yang ada di Maluku Utara agar tetap mengawasi diri, dapat menjaga sikap pribadi, maupun di luar, karena Polwan yang ada di daerah Maluku Utara akan melakukan tugas-tugas yang lebih baik lagi di kalangan masyarakat,” pungkasnya.

Perlu diketahui, adapun rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelum melaksanakan Syukuran yaitu, Polwan Polda Maluku Utara telah melaksanakan kegiatan, Bhakti Sosial Kesehatan, Pelayanan Kesehatan Tes Iva dan Sadani, Ceramah Tentang Pemahaman Anti Radikalisme, Polwan Goes To School, Lomba Menembak, Anjangsana Ke Panti Asuhan, Dialog Interaktif di RRI Ternate, Ziarah Makam Pahlawan Banau, dan Olah raga bersama. (Ajo)

Pos terkait