Polda Malut Siagakan 1 SSK Personel Brimob untuk BKO

  • Whatsapp
Dansat Brimob Polda Maluku Utara, Kombes Pol Budi Satrijo (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Polda Maluku Utara (Malut) masih menyiagakan 1 Satuan Setinggkat Kompi (SSK) personel Brimob jika dibutuhkan untuk tugas pengamanan Bantuan Kendala Operasi (BKO) di wilayah Polda Papua dan Papua Barat.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Malut, Kombes Pol Budi Satrijo mengatakan jika situasi di Papua dan Papua Barat belum membaik dan masih membutuhkan pasukan Brimob, maka Brimob Polda Malut akan siap kerahkan 1 SSK Brimob.

Muat Lebih

“Kalau perintah sprin dari Mabes Polri masih membutuhkan pasukan, kami akan siap, apalagi inikan nanti ada pelantikan Presiden. Tetapi hingga sejau ini belum ada tambahan pasukan untuk dikerahkan ke Papua,” kata Budi kepada wartawan, Jumat (13/9/2019).

Pasukan BKO yang ada di Papua dan Papau sejauh ini dinilai masih cukup sehingga belum ada permitaan penambahan pasukan BKO. Untuk anggota Brimob Polda Malut yang melaksanakan tugas BKO di Papua dan Papua Barat jumlahnya sudah 2 SSK.

“Yang sudah ada di Papua 2 SSK, jika ditambah lagi maka Polda Malut sudah memeliki 3 SSK yang sudah siap ke Papua,” terangnya.

Untuk sarana dan prasarana mulai dari personel hingga peralatan personel, Budi mengaku hingga kini masih mencukupi selama ada di Papua.

“Sarana prasarana personel yang BKO ke Papua masih sesuai SOP, baik dari peluru yang digunakan kecuali menghadapi OPM baru anggota mengunakan. Jika hanya dengan masyarakat anggota hanya mengunakan gas air mata,” Cetusnya.

Sementara waktu penarikan pasukan BKO Brimob dari Papua dan Papua barat, hingga kini belum diketahui karena penarikan harus sesuai perintah dari Mabes Polri. Bahkan seluruh pasukan yang ada di Papua dan Papua Barat kini tetap siap menunggu perintah. (Ajo)

Pos terkait