Ribuan Mahasiswa di Ternate Demo Tolak RKUHP dan UU KPK

  • Bagikan
Ribuan mahasiswa yang terdir dari berbagai universitas di Kota Ternate melakukan aksi demonstrasi di depan kantor DPRD Kota Ternate (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Ribuan mahasiswa yang terdir dari berbagai universitas di Kota Ternate, Maluku Utara, melakukan aksi demonstrasi di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate meminta pembatalan revisi Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dan Undang-Undang KPK.

Dengan mengunakan truk dilengkapi dengan sound system, aksi tersebut mulai pada pukul 11:00 WIT dan berakhir 15:30  WIT, Rabu (25/9/2019).

Pantauan KabarMalut di lokasi, aksi demonstrasi tersebut sebelumnya berjalan mulus, namun kemudian sempat terjadi baku lempar karena satu mobil watercanon dari Sahabara Polres Ternate memaksa masuk ke arah mahasiswa, meski sudah ada instruksi Kapolres Ternate, AKBP Azhari Juanda untuk tidak memaksa maju.

Para mahasiswa yang menolak revisi RKUHAP dan UU KPK yang mengepung kantor DPRD Kota Ternate (Foto: Yasim/KabarMalut)

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate, Zulkifli Djafar menyebutkan kedatangan massa di kantor DPRD Kota Ternate untuk menolak Undang-Undang RKUHP dan Undang-Undang KPK yang baru.

“Kami mendesak kepada pemerintah segera mengeluarkan Perpus dalam hal ini mencabut Undangan-Undangan KPK yang baru disahkan DPR, karena kenurut penelian kami itu melemahkan tugas dan tanggung jawab KPK, ” kata Zulkifli.

Dikatakan, kedatangan mahasiswa di kantor DPRD Kota Ternate secara kelembagaan, dalam hal ini adalah DPRD Kota Ternate, karena harus melalui persodur-persudur tidak serta merta dari pesepakatan dari orang lain. Tetapi sejauh ini massa aksi sangat puas dengan pernyataan Ketua DPRD Kota Ternate karena DPRD juga menolak UU RKUHP dan UU KPK yang baru.

“Harapan kami ini bukan sebatas dengan surga telinga, harus ada langka nyata realistis dilakukan oleh Ketua DPRD Kota Ternate,” harapnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut