Kasus Laka Lantas Menurut, Penindakan Pelanggaran Meningkat

  • Bagikan
Direktur Lalu Lintas Polda Maluku Utara, Kombes Pol Abrianto Pardede (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Direktorat Lalu Lintas (Dit-Lantas) Polda Maluku Utara (Malut), mencatat angka kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di tahun 2019  menurun jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu. Namun angka penindakan pelanggaran berlalu lintas mengalami peningkatan yang cukup dratis.

“Kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan karena pelanggaran menurun, terbukti kecelakaan tahun 2018 kemarin ada 8 kasus, tahun 2019 selama Operasi Patuh Kieraha yang berlangsung selama 14 hari hanya 6 kasus, ini menurun,” kata Direktur Lantas Polda Malut, Kombes Pol Abrianto Pardede kepada KabarMalut, Minggu (29/9/2019).

Sementara angka penindakan pelanggaran lalu lintas selama tahun 2019, tercatata mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2018 lalu. Selama Operasi Patuh Kieraha 2019, jajaran Lantas menindak sebanyak 7 ribu pelanggar atau meningkat sebanyak 3 ribu kasus pelanggaran dari tahun sebelumnya.

“Tahun 2018 hanya 4 ribu pelanggaran, di tahun 2019 kami menindak sebanyak 7 ribu, ini bukannya di Malut tidak tertib berlalu lintas, tetapi dengan buktinya kita melaksanakan penindakan pelanggaran menghasilkan tertib lalu lintas meningkat,” terangnya.

Dit Lantas Polada Malut beserta jajaran membentuk tim 18 yang tugasnya menindak setiap adanya pelanggaran berlalu lintas di jalan raya. Selain itu, dilakukan pula kegiatan preventif dan represif.

“Selian penindakan, tygas Polisi juga ada idukasi kepada masyarakat terutama di komonitas roda dua maupun roda empat, kemudian represif Polisi adakan tim 18 yaitu mereka menindak tanpa kompromi. Jadi kalau sudah tertangkap tim 18 itu langsung ditilang, tidak perlu negosiasi lagi,” tegasnya.

Penindakan dilakukan untuk menjadi efek jerah, dan tentunya berdampak pada masyarakat agar tertib berlalu lintas. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut