Rencana Pengalihan Sumber Air Bersih, Terkendala Mata Air Baru

  • Bagikan
Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Halmahera Timur, Gausah Mumen (Foto: Hasrul/KabarMalut)

MABA – Rencana  Pemerintah Daerah (Pemda) Halmahera Timur (Haltim) melali Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) untuk melakukan pengalihan sumber mata air bersih, hingga kini belum juga terrealisasi. Pasalnya mangalami kesulitan mencari sumber mata air baru yang lebih representatif.

Kepala Disperkim Haltim, Gausah Mumen mengatakan upaya pengalihan dilakukan karena sumber air yang saat ini digunakan sudah tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan warga kota Maba, karena kondisi bak penampung yang sudah mulai rusak, juga lokasi air bersih sangat berdekatan dengan area tambang .

“Kita sudah survei lokasi baru di belakang kota Maba, tetapi tidak ada. Yang ada itu hanya di PPI, tetapi lokasi itu juga merupakan wilayah tambang, sehingga tidak bisa kita gunakan,” ungkap Gausah kepada KabarMalut, Minggu (29/9/2019).

Karena belum ditemukan sumber mata air yang baru, Pemkab Haltim tahun ini masih melakukan langkah perbaikan yang dianggarkan sebesar Rp 1 miliar lebih.

“Jadi untuk sementara ini kita akan lakukan perbaikan dulu yang sudah ada, berupa  di penabahan SR dan perbaikan penampung induk yang sudah mengalami kerusakan,” terangnya.

Sementara itu, untuk perencanaan lokasi baru, Disperkim sudah merencanakan hal tersebut, sambil mencari lokasi baru yang lebih representatif.

“Memang untuk pengalihan butuh anggaran puluhan miliar, karena kita akan bangun penampung induk dan instalasi lainnya. Yang pasti kita sudah punya rencana ke arah itu,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut