Bawaslu Mulai Awasi ASN dan Aparatur Desa

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Halmahera Selatan, Kahar Yasin (Foto: Bud/KabarMalut)

LABUHA – Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), secara resmi mulai melakukan pengawasan terhadap Aparatur Negeri Sipil (ASN) dan Aparatur Desa yang mensosialisasikan bakal calon Bupati tertentu. Langkah ini dilakukan menyusul aturan yang tercantum dalam PKPU nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 telah dimulai.

“Hari ini tanggal 30 September 2019 tahapan sudah jalan, jadi kami imbau ASN dan Aparatur Desa harus tertib,” kata Ketua Bawaslu Halsel, Kahar Yasin ketika ditemui di kantor Bawaslu, Senin (30/9/2019).

Kahar menjelaskan, pengawasan terhadap ASN dan Aparat Desa ini secara umum diatur dalam Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan PP nomor 42 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik ASN dan PP nomor 53 tentang disiplin ASN. Atas dasar regulasi itu, Bawaslu secara kelembagaan melaksanan tugas sebagai mana diamantkan dalam Undang-Undang Pemilihan Umum.

“Kami akan pantau secara langsung di lapangan dan di media sosial. Belakang di media sosial banyak ASN dan Aparatur Desa memposting calon tertentu, ini yang menjadi fokus kami di Bawaslu,” cetus Kahar.

Dilain sisi, anggaran Pilkda yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Halsel untuk Bawaslu sebanyak Rp 18 miliar, sebelumnya Kahar Cs mengusulkan sebanyak Rp 28 miliar.

“Ada item-item kegiatan tehnis yang dicoret Pemda. Sementara ini kami menunggu tanda tangan Nota Persetujuan Hiba Daerah (NPHD) dengan pak bupati,” pungkasnya.  (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut