Besok Warga Empat Desa di Kao Utara Demo PT Emerald

  • Bagikan
PT Emerald (Foto: Istimewa)

TOBELO – Warga empat desa di Kecamatan Kao Utara, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara (Malut), merencanakan Selasa (1/10) besok menggelar aksi demo di PT Emerald dan Pemerintah Desa (Pemdes) Gulo.

Warga ke-empat desa itu diantaranya Desa Tonuo, Gulo, Warudu dan Desa Dowongimaiti. Para warga meminta agar Presiden Direktur PT Emerald datang ke Halut untuk menyelesaikan masalah perekrutan tenaga kerja yang masuk ke PT Emerald. Sementara rencana aksi ke Pemdes Gulo, karena Kepala Desa (Kades) Gulo, Andatje Mangeteke dan pihak PT Emerald diduga telah bersekongkol dalam perekrutan tenaga kerja.

Kepala Desa Tonuo, Yustus Bitikal mengatakan sesuai kesepakatan pihaknya dengan PT Emerald, bahwa setiap tenaga kerja yang masuk ke PT Emerald, semestinya ada rekomendasi juga dari tiga kepala desa bukan hanya rekomendasi dari satu kepala desa.

“Sesuai dengan kesepakatan kami pada saat rapat di Desa Daru, pada beberapa minggu yang lalu, yang dihadiri oleh Pemerintah Kecamatan Kao Utara, Dinas Nakertrans, Kapolsek Kao, serta pihak PT Emerald, bahwa setiap tenaga kerja yang masuk ke PT Emerald rekomendasinya harus dari empat desa termasuk tiga desa diantaranya Desa Dowongimaiti, Tonuo dan Warudu, bukan hanya melalui satu kepala desa yaitu Kepala Desa Gulo,” kata Yustus Bitikal kepada KabarMalut, Senin (30/9/2019).

Yustus mengaku rencana aksi akan dilaksanakan selama satu minggu ke depan, jika tuntutan mereka tidak diakomodir PT Emerald.

“Untuk aksi, kami targetkan selama satu Minggu. Dengan jumlah massa sekitar 1.500 orang,” tuturnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut