NPHD Ditandatangani, Dana Pilkada Halsel Rp 72 Miliar

  • Bagikan
Suasanan penandatanganan NPHD Pilkada Halmahera Selatan, antara Bupati dengan KPU, Bawaslu dan Polres (Foto: Istimewa)

LABUHA – Bupati Halmahera Selatan (Halsel), Bahrain Kasuba secara resmi menandatangani Naskah Perjanjian Hiba Daerah (NPHD) pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Penandatangan dilakukan antara Bupati dengan Ketua KPU Halsel Darmin Hi Hasjim, Ketua Bawaslu Halsel Kahar Yasin dan Kapolres Halsel AKBP M Faisal Aris.

Bahrain Kasuba berharap, penyelenggara dan juga pengawas Pilkada agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawah dengan sebaik-baiknya. Sehingga  terciptanya Pilkada yang sukses serta sukses pengelolaan keuangan demi mewujudkan Pilkada yang berkualitas.

“Saya yakin Ketua KPU dan komisiner yang baru serta Bawaslu ini dapat bekerja dengan baik, dan dapat mengambankan asas legalitas, sehingga di Kabupaten Halmahera Selatan tidak lagi dicap sebagai daerah yang selalu ada konflik politik, serta curang politik,” kata Bahrain dalam sambutanya di ruang rapat kantor DPRD, Selasa (1/10/2019).

Bupati Bahrain juga meminta KPU, Bawaslu dan Polres serta Pemerintah Daerah agar dapat bersinergi dan bekerja sama untuk menjadikan Pemilihan Bupati tahun 2020 yang aman dan kundusif.

“Mari kita sama-sama memperbaiki, sehingga kejadian Pilkada seperti di tahun-tahun sebelumnya tidak terulang di tahun ini,” harap Bahrain.

Ketua Bawaslu Halsel, Kahar Yasin berjanji Bawaslu bekerja sesuai prosedur Perundang-undangan dan akan mempergunakan dana yang diberikan ini dengan sebaik-baiknya.

“Insya Allah kami akan bekerja sesuai undang-undang sehingga Pilkada ini berjalan sukses,” kata Kahar.

Senada, Ketua KPU Halsel, Darmin Hi Hasim juga berkomitmen menjaga jalannya Pilkada 2020 ini sesui paraturan yang berlaku.

“Kami akan bekerja dengan baik-baiknya sesuai yang diharapkan semuanya.” ucap Darmin.

Sementara itu, Kapolres Halsel AKBP M Faisal Aris menyampaikan akan siap melaksanakan tugasnya untuk mengamankan Pilkada di Halsel, sehingga Pilkada berjalan aman, lancar dan kondusif.

“Seluruh personil akan diturunkan untuk mengamankan Pilkada Halsel tahun 2020 mendatang,” jelas Faisal.

Terkait anggaran NPHD, Sekda Halsel Helmi Surya Botuhe menyampaikan bahwa dana hibah yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Halsel kepada KPU, Bawaslu dan juga Polres Halsel sebesar Rp 72 miliar, masing-masing dibagi untuk KPU Rp 47, 5 miliar , Bawaslu Rp 18,5 miliar dan Polres Halsel Rp 6 miliar.

“Dana ini hingga Pilkada selesai, untuk KPU dan Bawaslu sudah dicicil di tahun 2019 ini, sisanya diberikan di 2020, sedangkan Polres akan diberikan di tahun 2020,” pungkas Helmi. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut