Bawaslu Halsel Ajak Media Awasi Pilkada 2020

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Halmahera Selatan, Kahar Yasin (Foto: Bud/KabarMalut)

LABUHA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara, mengajak media di Halsel ikut mengawasi jalannya pemilihan kepala daerah di tahun 2020 mendatang.

Ketua Bawaslu Halsel, Kahar Yasin menuturkan selain ikut terlibat mengawasi, peran media juga dibutuhkan untuk mensosialisikan jalannya tahapa Pilkada.

“Sangat penting peran teman-teman wartawan dalam rangka pengawasan dan melalui pemberitaan juga kita dapat mensosialisasikan tahapan Pilkada di Halmahera Selatan,” kata Kahar ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (3/10/2019).

Kahar meminta pada tahapa perekrutaan Panitia Pengawas di tingkat kecamatan sampai tingkat desa, perlu ada pengawasan dari media. Karena tidak menutup kemungkinan, ada oknum yang sudah tergabung dalam partai politik pun ikut mendaftarkan diri sebagai penyelenggara Pilkada.

“Peran media ini dilakukan agar pengawas kita sangat ketat,” sebut Kahar.

Menurut Kahar, bukti peran media di Halsel di pemilihan umum tahun 2019 lalu dianggap sangat membantu Bawaslu. Sehingga ada beberapa pelanggaran yang dilakukan peserta politik dapat diselesaikan di meja pengadilan.

“Itu salah satu bukti peran media bersama Bawaslu,” pungkas Kahar.

Sementara Ketua PWI Halsel, Samsir Hamajen menegaskan selain turut mengawasi jalannya tahapan Pilkada, secara kelembagaan PWI juga melakukan pengawasan terhadap pihak penyelenggara seperti Bawaslu dan KPU serta perangkat di bawahnya.

“Kita juga mengawasi lembaga Bawaslu dan KPU, karena ini tugas kita sebagai lembaga independen,” cetus Samsir.  (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut