DKP Haltim Warning Nelayan Penerima Bantuan

  • Bagikan
Kabid Tangkap DKP Halmahera Timur, Ruslan Rasid saat memberikan arahan kepada para nelayan di lokasi ICS PPI Kota Maba (Foto: Hasrul/KabarMalut)

MABA – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) memberikan warning (peringatan) kepada  nelayan penerima bantuan perahu fiber clas 3GT. Dimana para nelayan diminta untuk mendukung program DKP dengan menyuplai hasil tangkapan ke gudang penampungan atau Integrated Cold Strong (ICS) PPI Kota Maba.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Pengwasan dan Pengelolaan Ruang Laut DKP Haltim, Ruslan Rasyid menjelaskan guna mendorong pertumbuhan ekonomi dalam bidang perikanan di masyarkat nelayan Haltim. Saat ini DKP telah menghadirkan ICS gudang beku terintegrasi dengan kapasitas 100 ton, dan memberikan bantuan berupa perahu fiber clas 3GT sebanyak 16 unit kepada 30 nelayan, yang dialokasikn melalui DAK 2018.

“Jadi dengan pemberian bantuan itu, para nelayan dapat mendukung program DPK, karena saat ini kami sudah menyediakan ICS,” ujar Ruslan, Kamis (3/10/2019).

Untuk itu, dengan bantuan yang telah diberikan, diharapkan para nelayan dapat memanfaatkannya dengan baik, sehingga gedung ICS yang sudah disediakan ini, dapat difungsikan.

“Maka dari itu, para nelayan tidak bisa lagi menjual hasil tangkap ke tempat lain, selain masuk ke ICS yang sudah disediakan oleh dinas,” tegasnya.

Ruslan bahkan mengingatkan, jika para nelayan yang sudah diberikan fasilitasi berupa perahu, namun tidak dimanfaatkan secara baik untuk mendukung ICS PPI. Maka akan ditarik kembali dan diberikan kepada nelayan yang lain.

“Setelah bantuan itu diserahkan, kami juga akan tetap turun ke lokasi untuk mengecek kembali fasilitas tersebut, yang tersebar di Kecamatan Maba Utara Haltim,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut