Kemenag Pulau Morotai Gelar Manasik Haji Mandiri Pada 73 CJH

  • Bagikan
Kantor Kemenag Pulau Morotai (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara melakukan terobosan baru dengan memberikan manasik haji secara mandiri pada 73 Calon Jamaah Haji (CJH) yang dilakukan setiap Jumat di lima kecamatan.

Kepala Kemenag Pulau Morotai, M Qubais Baba mengatakan manasik haji secara mandiri ini dilakukan karena para CJH ini baru pertama kalinya akan melakukan pelaksanakan ibadah haji. Oleh itu, baiknya kita mengulas pengertian dari manasik haji bagi para CJH.

“Terebosan manasik haji mandiri ini pertama kali kami jalankan, minggu kemarin sudah dilakukan untuk Morotai Selatan di masjid Desa Gotalamo kompleks Tanah Tinggi,” ungkap Qubais ditemui di ruang kerjanya, Kamis (3/10/2019).

Kegiatan ini sengaja diadakan lebih awal, agar CJH bisa belajar lebih awal lagi tentang pelaksanaan ibadah haji lebih mendalam. Antusiasnya CJH sangat tinggi saat ditawarkan kegiatan tersebut.

Meski secara resmi anggaran untuk melaksanakan manasik haji belum juga turun, namun bukan menjadi suatu halangan bagi Kemenag Pulau Morotai dalam memberikan layananannya untuk bimbingan kepada para CJH di Morotai.

“Jadi sambil menunggu anggaran resmi turun, Kemenag akan melakukan terobosan baru melalui penyelenggaraan manasik haji secara mandiri. Dalam artian, seluruh dana yang akan digunakan dalam manasik tersebut merupakan hasil swadaya dari para calon jamaah itu sendiri,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut