Boyong Sejumlah Kepala SKPD ke Pulau Obi, Bupati Halsel Resmi Kantor dan Jalan Desa

  • Whatsapp
Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba saat berbicara di hadapan masyarakat Obi (Foto: Istimewa)

LABUHA – Bupati Halmahera Selatan (Halsel), Bahrain Kasuba pekan kemarin melakukan Kunjungan Kerja (Kuker) di sejumlah desa-desa terpencil di wilayah Kepulauan Obi. Kuker bertujuan untuk melihat secara langsung pembangunan di desa selama tiga tahun masa pemerintahannya.

Dalam kunjungan tersebut Bahrain Kasuba memboyong sejumlah kepala Satuan Perangkat Daerah (SKPD) diantaranya, Kepala Dikbud Nurlaila Muhammad, Kepala DPM-PTSP Nasir Koda, Kepala Diskominfo dan Persandian Ani Rajiloen, Kepala DPMD Bustamin Soleman, Kepala DKP Iksan Subur, Kepala Disparpora Abdilah Kamarullah, Kepala Dinas Perkim-LH Ahmad Hadi, Kadis Sosial Jusman Dahlan, Kepala BKPPD Marten Puka Puka serta Sekertaris Bappelitbangda.

Desa yang menjadi sasaran kunjung Bahrain dan rombongan yakni Desa Wayaloar dan Desa Fluk  Kecamatan Obi Selatan serta Desa Jikohay Kecamatan Obi Barat. Bahrain meresmikan dua pembangunan infrastruktur yang dibiayai Dana Desa (DD) yakni kantor desa dan jalan desa.

Dihadapan masyarakat Desa Wayaloar, Bahrain mengajak masyarakat  berkomitmen terhadap pembangunan Halsel. Selain itu, Bahrain juga menyampaikan di tahun 2019 ini ada kenaikan Pagu Indikatif Kewilayahan (PIK).

“Di tahun 2019 ini ada kenaikan PIK, sehingga diharapkan Kepala Desa serta seluruh perangkatnya dapat melihat dan mendorong pembangunan di desa,” kata Bahrain dalam keterang persnya, Minggu (6/10).

Sementara kunjungannya di Desa Fluk, Bahrain meresmikan kantor desa yang dibangun dari Dana Desa (DD). Di hadapan masyarakat, Bahrain mengatakan di tahun 2020 mendapatkan ada kenaikan DD.

Selain itu Bahrain juga membeberkan jalan lingkar Pulau Bacan dan pasar modern yang dibangun pemerintah akan selesai pasa akhir tahun ini.

“Di tahun 2020 nanti akan ada kenaikan DD dan pembangunan jalan lingkar juga dipastikan selesai. Adapun saat ini Pemerintah sedang membangun mall yang akan selesai pada bulan Desember 2019,” beber Bahrain.

Bahrain juga menjanjikan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Saruma Sejahtera milik Pemerintah Daerah (Pemda) akan membuka Kantor Kas di Desa Wayaloar Kecamatan Obi Barat, sehingga desa yang termasuk dalam Kecamatan Obi Selatan bisa merasakan keberadaan Kantor Kas BPRS Saruma tersebut.

“Kantor Kas BPRS Saruma Sejahtera akan dibuka di Desa Wayaloar, semoga masyarakat Halsel bisa melakukan transaksi dengan mudah di bank milik Pemda ini,” harapnya.

Sementara di Desa Jikohay, Bupati Bahrain meresmikan jalan desa sepanjang 12 kilo meter yang dibangun menggunakan DD oleh empat  pemerintah desa  di Kecamatan Obi Barat yaitu Desa Jikohay, Alam Pelita, Soa Sangaji dan Manatahan dengan total anggaran sebesar Rp 1,5 miliar.

“Mudah-mudahan kita selalu mendorong dan berkomitmen demi pembangunan,” kata Bahrain. (Ajo)

Pos terkait