Pemda Pulau Morotai Pindahkan TPU Kota Daruba

  • Bagikan
Lahan TPU Kota Daruba saat ini (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Morotai, merencanakan menutup dan memindahkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kota Daruba seluas 4 hektar yang terletak di wilayah Desa Gotalamo. TPU dipindahkan ke lokasi Desa Daruba Pantai, karena TPU saat ini tanahnya berbatu, sehingga sedikit menyulitkan saat pemakaman jenazah.

“Kita pindahkan ke Daruba Pantai yang tanahnya cukup baik untuk pemakaman dan sedikit jauh dari pemukiman, sehingga kedepan bisa dikembangkan. Luasnya pun sama kurang lebih 4 hektar, dan sudah dibebaskan, saat ini tinggal dibuat jalan masuknya saja,” ungkap Kepala Bagian Perbatasan Setda Pulau Morotai, Sunardi Barakati, Selasa (8/10/2019).

Setelah dipindahkan, lokasi TPU Gotalamo akan diserahkan ke beberapa instansi vertikal seperti KPU, Bawaslu dan gedung Partai Poltik.

“Tapi untuk beberapa kuburan yang sudah ada di TPU tidak lagi dipindahkan, nanti dirapikan saja, tinggal dibuat pagar tembok dan jalan masuk biar tidak nampak,” katanya.

Meski begitu, Pemkab belum melakukan pelarangan bagi warga yang melakukan aktifitas pemakaman di lokasi TPU sekarang, karena sejauh ini pemindahan lokasi TPU ini belum diumumkan ke masyarakat.

“Nanti saya koordinasi dulu dengan kepala desa, imam dan tokoh agama. Mungkin saat ini masih bisa aktifitas penguburan, tapi paling tidak 2020 sudah tidak lagi,” pungkasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut