Abaikan Imbauan Sekda dan Edaran Bawaslu, ASN Haltim Kampanye Balon di Medsos

  • Bagikan
Postingan akun @Rusmin Gafur Mobon yang tak lain merupakan oknum ASN di Pemkab Halmahera Timur (Foto: Screenshot facebook)

MABA – Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), terkesan mengabaikan imbauan Sekda Haltim Moh Abdul Nasar dan surat edaran Bawaslu terkait larangan keterlibatan dalam politik praktis. Terbukti, sebagian oknum ASN tetap bersikeras melakukan kampanye dan promosi bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati Haltim tahun 2020 mendatang melalui akun media sosial (Medsos).

Salah satu oknum ASN Haltim yang menggunakan akun facebook bernama @Rusmin Gafur Mobon, telah melakukan kampanye dan promosi bakal calon Bupati Muhdin Mabud dan Anjas Taher melalui postingan di Medsos.

“Adik Ojan, kaka cuman mau kasetau, Ko Din maju Calon Bupati Haltim periode 2020-2025, nanti kalau mama ade tanya, kasetau bagitu, KK ASN kog tra bisa bicra banyak, kalau adik tra percaya, ini dong pe foto. Tks,” tulis Rusmin  pada postingan di  8 Oktober 2019.

Ketua Bawaslu Halmahera Timur, Suratman Kadir (Foto: Hasrul/KabarMalut)

Menanggapi hal tersebut, Katua Bawaslu Haltim, Suratman Kadir mengaku akan memproses dan menindak tegas ASN yang terlibat politik praktis sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang (UU) tentang ASN, Edaran Kemenpan-RB serta Edaran KSN maupun UU nomor 10 tahun 2016.

“Kita sejauh  ini masih mengumpulkan bukti-bukti, sebab untuk menindak oknum ASN memerlukan bukti, bukan beradasrkan cerita semata. Untuk itu kami sampaikan apa bila ada masyarakat, LSM, rekan-rekan media masa kalau memiliki bukti. Kita juga minta disampaikan ke Bawaslu untuk dijadikan dasar dalam mengambil tindakan, jadi pada prinsipnya Bawaslu tetap minindak tapi ini butuh proses,” tegasnya. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut