Belum Miliki STR, 145 Tenaga Kesehatan Ikut Bimtek Persiapan Ujian Kompetensi

  • Bagikan
Pose bersama peserta Bimtek (Foto: Hasrul/KabarMalut)

MABA – Sebanyak 145 tenaga Kesehatan se-Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) yang belum memiliki Surat Tanda Registrasi (STR), mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Persiapan Ujian Kompetensi Bagi Tenaga Kesehatan tahun 2019. Bimtek yang dilakukan Dinas Kesehatan Haltim ini dibuka secara resmi oleh Bupati Haltim, Muh Din  diwakili Asisten III Bupati, Bidang Umum Tamrin Bahara di aula lantai I kantor Bupati Haltim, Kamis (10/10/2019).

Pada kesempatan itu, Tamrim mengatakan kegiatan Bimtek seperti ini tidak semua kabupaten/kota di Maluku Utara melaksanakan, namun hanya dilakukan Kabupaten Haltim.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Kadis Kesehatan atas presus sehingga dapat terselenggara hari ini,” katanya.

Menurutnya, perhatian pemerintah daerah Haltim di bidang kesehatan sesuai Visi dan Misi Bupati sangat jelas.

“Buktinya Pemda anggarkan tahun ini untuk dilaksanakan kegiatan ini,” terangnya.

Lanjut dia, kegiatan Bimtek ini harus diseriusi agar pengetahuan tentang kesehatan lebih luas dan akan bermanfaat.

“Harapannya kegiatan ini jangan hanya berakhir di tempat ini, tetapi dapat dikembangkan sesuai ilmu yang dipelajari pada Bimtek ini,” harapnya.

Terpisa, Kepala Dinas Kesehatan Haltim dr Vita Sangadji mengatakan, dirinya sangat menyadari bahwa sebagian pegawai dan pegawai P3K Dinas Kesehatan belum memiliki Surat Tanda Registrasi (STR).

“Untuk mempunyai STR itu harus melalui Uji Kompetensi,” tutur Vita.

Kata dia, tahun-tahun sebelumnya pada pelayananan profesi bidan dan perawat wajib untuk mendapatkan STR dan ini sesuai peraturan baru bagi seluruh tenaga kesehatan wajib mempunyai STR.

“Maka dengan latar ini dalam meningkatkan pelayanan mutu kesehatan perlu dilakukan Bimtek,” katanya.

Diharapkan, kepada peserta yang memiliki kendala pada saat mengakses untuk mengikuti Bimtek di Ternate ataupun di luar Maluku Utara, maka melalui Bimtek ini harus betul-betul serius untuk persiapan uji kompetensi secara online.

Untuk diketahui, peserta terdiri dari Pegawai Sukarela, Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan sebagian ASN di 16 Puskesmas se-Haltim dan Dinas Kesehatan. Sementara pemateri didatangkan dari Poltekes Ternate. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut