Sarana dan Prasarana Wisata Pulau Dodola Terus Dikembangkan

  • Whatsapp
Wisata Pulau Dodola (Foto: Istimewa)

DARUBA – Guna meningkatkan daya tarik wisatawan, Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai terus mengembangkan infrastruktur sarana dan prasarana wisata Pulau Dodola.

Kepala Dinas Pariwisata Pulau Morotai, Nona Duwila mengaku sejumlah infrakstruktur sarana dan prasarana terus dibangun di lokasi wisata Pulau Dodola, salah satunya jalan hutang mangrove sepanjang 450 meter dan beberapa pembangunan lainya.

Muat Lebih

“Sementara ini kami melakukan pembangunan tambahan di Pulau Dodola yakni jalan setapak, mushola, asrama mushola dan tambhan jambatan hutang mangrove, progres pekerjaan untuk wisata Pulau Dodolah ada sudah dibangun dan sementara masih berjalan, sekitar 60 persen insfrastruktur pembangunannya,” ungkap Nona ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (10/10/2019).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai, Nona Duwila (Foto: Fizri/KabarMalut)

Sumber anggaran pengembangan infrastruktur itu berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 dengan total anggaran Rp 7 miliar lebih. Selain itu, terdapat pula DAK non fisik sebesar Rp 900 juta lebih.

“DAK dialokasikan untuk pembangunan wisata-wisata yang ada di Pulau Morotai, sedangkan DAK non fisik itu diperuntukan untuk Bimtek di SDM pariwisata, yakni perhotelan, pariwisata, restoran dan para gaet wisata, seharu dua kegiatan pelatihan ini akan kami lakukan,” tutur Nona.

Nona mengaku di tahun 2020 Dinas Pariwisata  juga mendapatakan penambahan DAK dari Rp 7 miliar meningkat menjadi Rp 8 miliar dan anggaran non fisik di tahun 2019 Rp 900 juta naik menjadi Rp 1 miliar lebih di tahun 2020.

“Kenaikan DAK ini diliahat dari hasil laporan pekerjaan,” pungkasnya. (Ajo)

Pos terkait