Pemkab Haltim Rencanakan Kirim Putra Daerah Ikut Pelatihan Alat Berat

  • Bagikan
Kepala Distransnaker Halmahera Timur, Muhdar Lambutu (Foto: Hasrul/KabarMalut)

MABA – Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) merencanakan di tahun 2020 mendatang akan mengirim putra daerah Haltim untuk ikut pelatihan alat berat di Balai Latihan Tenaga Kerja (BLK) Samarinda Kalimantan. Hal itu dimenyusul, pemerintah daerah berkeinginan untuk memenuhi standarisasi Memorandum of Understanding (MoU) antara PT Antam dan Pemkab Haltim yang memberikan jatah 80 persen putra daerah Haltim dalam setiap rekrutmen tenaga kerja PT Antam.

Kepala Distransnaker Haltim, Muhdar Lambutu mengatakan Pemkab berkewajiban untuk menyiapkan tenaga kerja lokal yang memiliki skil agar dalam rekrutmen nanti, tenaga kerja Haltim bisa siap dengan segala persyaratan terutama skil untuk bekerja.

“Jadi kita diberikan kuota 80 persen putra daerah, makanya tengah kerja kita harus siap, makanya  kita berikan pelatihan minimal dia bisa mengoperasikan alat berat di perusahaan ketika direkrut nanti,” ungkap Muhdar di ruang kerjannya, Selasa (15/10/2019).

Selama ini banyak putra daerah Haltim yang terpaksa tidak bisa bekerja di sektor tambang, karena hampir sebagian besar tidak dibekali skil yang mumpuni. Sehingga hanya diisi oleh tenaga kerja luar daerah.

“Kasihan juga kalau generasi kita jadi penonton di negeri sendiri, karena memang banyak dari anak-anak kita tidak bisa mengoperasikan alat berat, begitu juga saat diterima bekerja kadang ada kecemburuan karena anak-anak kita hanya bekerja sebagai tukang tutup terpal dan sebagainnya,” terangnya.

Lanjut dia, untuk pengangguran kegiatan tersebut dirinya mengaku telah memasukan dalam Rencana Kegitan Angaran (RKA) untuk diusulkan di APBD tahun depan.

“Kita rencananakn 20-30 orang yang kita kirim, kalau dalam pengangguran tidak memungkinkan, maka kita akan shering dengan PT Antam,” lugasnya.

Sementara itu, Distransnaker akan berkordinasi dengan Kementerian Tenga Kerja dan juga BLK Samarinda untuk  rencana tersebut dalam waktu dekat ini.

“Kita berharap adalah hasil yang baik dari kegiatan ini, apalagi Haltim merupakan daerah industri maka skil tengah kerja kita harus mampu bersaing dengan yang dari luar Haltim,” pungkasnya menutup. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut