Survei PolMark, Lahabato Ungguli Semua Kandidat Walikota Ternate

  • Whatsapp
Bakal Calon Walikota Ternate, Abdurahman Lahabato (Foto: Istimewa)

TERNATE – Lembaga survei PolMark beberapa waktu lalu lakukan survei opini publik Kota Ternate, menyebutkan elektabilitas Abdurahman Lahabato cukup tinggi dibandingankan dengan sejumlah kandidat lainnya yang rencana calon walikota Ternate 2020-2025.

Hasil Survei PolMark menyebutkan, elektabiltas  Abdurahman Lahabato, ungul dari semua nama-nama yang mau calon walikota. Dalam surve itu menyebutkan, simulasi 8 nama, 6 nama dan 3 nama pun elektabilitas Abdurahman Lahabato mengungguli nama2 yang rencana calon walikota.

Muat Lebih

“Yang mengejutkan, disimulasikan dengan Haji Burhan Abdurahman walikota sekarang pun, elektabilitas Haji Abdurahman Lahabato lebih tinggi,” kata Ketua Bidang Media dan Komunikasi Abdurachman Lahabato, Mohammad Adhari Ali dalam keterang yang diterima KabarMalut, Kamis (17/10/2019).

Dia mengatakan, survei PolMark juga menemukan keinginan warga Kota Ternate suka pemimpin yang jujur, muda dan anti korupsi. Dari hasil survey juga menyebutkan warga Kota Ternate lebih menyukai pemimpin merayat, religius serta berkarisma.

“Alhamdulillah Haji Man Lahabato punya elektabilitas masih sangat bagus dan jauh dibandikan sejumlah calon lainnya yang disebut-sebut akan maju bertarung,” kata Adhari.

Meskipun elektabilitas Abdurahman Lahabato unggul masih lebih dari sejumlah kandidat lainnya, akan tetapi Sidik Siokona bagi warga Ternate adalah sosok calon walikota yang banyak diketahui masyarakat. Penyebabnya, kata Adhari, figur Sidik Siokona sudah tiga kali mencalonkan diri, bahkan jika nanti ke empat kali mencalonkan diri jika nanti dipercayakan partai pada Pilkada 2020.

“Empat kali calon Walikota membuat memori masyarakat lebih kenal, tetapi belum tentu disukai atau memilih. Ini terlihat dari porsentase mengenal tinggi dengan porsentase memilih kecil,” katanya.

Menurut survei itu sudah 20 persen lebih warga kota Ternate telah mantap pilih walikota pilihan mereka.

“Dan prosentasi kemantapan pilihan warga kota Ternate tersebut, Abdurahman Lahabato ungguli bakal calon lain di atas satu digit,” ujar Adhari.

Figur Abdurahman Lahabato, kata Mohammad Adhari Ali berawal dari seorang jurnalis, terjun ke dunia bisnis sebagai pengusaha hingga menjadi anggota DPD RI Dapil Maluku Utara selama dua periode dan kembali bergabung di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Pemilu legisltaif sebagai calon anggota DPR RI Dapil Maluku Utara dengan menempatkan posisi ke empat dari tiga sheet jatah untuk kursi Dapil Maluku Utara.

Untuk itu, Adhari mengajak warga Kota Ternate sinerjikan keiginan itu dengan mempercayai Abdurahman Lahabato untuk melakunjtkan karya Syamsir Andili (Ko Sam) dan Haji Bur untuk Ternate ke depan.

Bakal Calon Walikota Ternate, Abdurahman Lahabato bersama mantan Walikota Ternate, Syamsir Andili (Foto: Istimewa)

Ali mengatakan, surfei PolMark juga menyebutkan, untuk Pilkada tahun 2020 diperkirakan 90,7 persen menyatakan akan menggunakan hak pilih pemilihan walikota dan wakil walikota Ternate tahun 2020 nanti.

Survey PolMark dilaksanakan 16-23 September 2019 melibatkan 440 responden dengan proporsi imbang (50:50) laki-laki dan perempuan. Menggunakan metode multistage random sampling, survei ini memiliki margin of error sekitar 4,8 persen serta tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Sampel berasal dari seluruh kecamatan yang terdistribusi secara proporsional berdasarkan besaran jumlah pemilih. Dilakukan Quality Control sebanyak 20 persen dari total sampel secara random, dengan cara mendatangi kembali (rekonfirmasi) responden terpilih (spot check). Setiap responden terpilih diwawancarai dengan metode tatap muka (face to face) oleh pewawancara yang telah dilatih.

Adhari optimis dari hasil survey PolMark yang memiliki kredibiltas tidak diragukan karena pernah juga survey Anis Baswedan saat calon Gubernur DKI dan Jokowi calon Presiden 2014, akan membuat kerja-kerja tim Abdurahman Lahabato lebih mantap.

Sebab lanjutnya, ada sejumlah rekomendasi yang diberikan lembaga survey pimpinan CEO dan Founder PolMark Indonesia Eep Saefulloh Fatah kepada tim Abdurahman Lahabato saat persentase hasil survey di Jakarta, minggu pekan kemarin. (rdx)

Pos terkait