Tim Wasev Mabesad Kunjungi TMMD di Kecamatan Ibu

  • Whatsapp
Tim Wasev Mabesad Brigjen TNI Ahmad Sudarsono didampingi Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto saat berkunung ke Halmahera Barat (Foto: Istimewa)

JAILOLOTim Pengawas Evaluasi (Wasev) Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) mengunjungi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Kodim 1501/Ternate di Desa Tongute Ternate, Kecamatan Ibu  Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

Tim Wasev Mabesad dipimpin Brigjen TNI Ahmad Sudarsono didampingi Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto dan Bupati Halbar Danny Missy, sebelum menuju ke Kecamatan Ibu, rombongan menuju Desa Loce Kecamatan Sahu Timur dengan sasaran TMMD pembangunan Gereja Betlehem untuk penyerahan bantuan Alkitab.

Brigjen TNI Achmad Sudarsono mengatakan, program TMMD dilaksanakan serentak dari pusat sebanyak 50 kabupaten se-Indonesi, sehingga ada 50 tim yang datang melakukan pengecekan untuk memastikan pelaksanaan program TMMD telah dilaksanakan sesuai laporan oleh masing-masing daerah.

“Tim Wasev ini adalah melaksanakan pengecekan pelaksanaan TMMD  secara administrasi maupun fisik sesuai program, meskipun pelaksanaannya belum 100 persen karena pelaksanaan TMMD belum ditutup/belum selesai,” ungkap Achmad dalam sambutannya, Kamis (17/10/2019).

Program TMMD adalah tugas pemerintah pusat melalui instansi terkait dalam rangka mempercepat pembangunan daerah, terutama di daera terpencil, daerah tertinggal dan daerah kumuh.

“Pelaksanaan TMMD ini adalah program dari TNI secara tidak langsung adalah berdemokrasi dengan baik dan atas aspirasi masyarakat atau usulan masyarakat,”tuturnya.

TMMD dalam pelaksanaan TMMD merupakan kerjasama antara masyarakat dengan TNI dalam pembangunan di desa.

“Untuk pelaksanaan TMMD apabila dilaksanakan tahun ini tidak bisa dilaksanakan lagi di tahun depan, karena masih ada kabupaten lain yang belum terlaksana,” ujarnya.

Achmad berharap semoga dalam pelaksanaan TMMD ini membawa berkah kepada masyarakat yang ada di daerah terpencil dalam pembangunan di daerah.

Brigjen TNI Ahmad Sudarsono didampingi Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto dan Bupati Halmahera Barat Danny Missy menyerahkan bantuan (Foto: Istimewa)

Sementara Bupati Halbar, Danny Missy mengatakan TMMD merupakan sarana dalam rangka membantu pemerintah pusat dalam menundukung pembangunan nasional. Kegiatan TMMD merupakan kolaborasi antara Pemerintah dan TNI sangat penting dalam rangka pembangunan daerah khususnya di Kabupten Halbar.

“Di Kabupaten Halbar masih ada desa yang terputus sehingga membutuhkan jembatan yang banyak untuk menghubungkan antara satu desa dengan desa yang lainnya, kerjasama antara Pemerintah dan TNI yang baik ini mari terus dijaga dalam rangka pembangunan daerah lebih baik ke depannya,” tandasnya. (Ajo)

Pos terkait