DKP Haltim Berhasil Bangun Lima Pabrik Es untuk Nelayan

  • Whatsapp
Uji coba ice flake di Desa Akedaga Kecamatan Wasile Timur oleh Kepala DKP Halmahera Timur, Asmara Daud didampingi penyuluh dan kelompok nelayan desa setempat (Foto: Istimewa)

MABA – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), selama kurun waktu tiga tahun terakhir, telah berhasil membangun lima unit rantai dingin atau pabrik es (Ice Flake) di desa-desa pesisir untuk para nelayan.

DKP membangun pabrik es di Desa Wailukum Kecamatan Kota Maba dengan kapasitas 10 dan 3 ton, Bicoli Kecamatan Maba Selatan, Akedaga Kecamatan Wasile Timur, Waisuba Kecamatan Wasile masing-masing dengan kapasitas 1,5 ton. Pabrik es tersebut telah diserahkan kepada masing-masing kelompok nelayan untuk dikelola secara mandiri.

Muat Lebih

Kepala DKP Haltim, Asmar Hi Daud menjelaskan, pabrik es ini dibangun karena kebijakan pemerintah untuk meningkatkan produksi perikanan melalui peningkatan produksi perikanan tangkap dan perikanan budidaya. Sehingga harus diimbangi dengan sisitem pengelolaan pasca panen yang dapat mampu menangani produk perikanan, secara efektif dan efisien dalam mempertahankan mutu dan kwalitas ikan.

“Tujuan terlaksananya produksi es dalam rangka penyediaan dan keterjangkauan es untuk masyarakat di daerah-derah terpencil. Selain itu, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat perikanan baik nelayan, pembudidaya, pengolah, maupun pemasar hasil perikanan dan terjaminnya mutu dan keamanan hasil perikanan melalui penerapan sarana sistem rantai dingin pada produk perikanan dari proses produksi, pengolahan dan pemasaran serta meningkatkan penghasilan tambahan bagi pelaku utama perikanan,” kata Asmar kepada wartawan, Jumat (18/10/2019).

Dalam kesempatan itu Asmar mengatakan sarana rantai dingin diharapkan kepada para kelompok agar dapat maanfaatkan secara baik dan produksinya disesuaikan dengan kebutuhan para nelayan setempat, agar hemat biaya produksi.

“Adanya bantuan pemerintah ini tidak lain bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan, maka sekali lagi diharap bantuan ini dimanfaatkan secara maksimal,” harapnya. (Ajo)

Pos terkait