Penuhi Panggilan Bawaslu Haltim, Rusmin Gafur Klarifikasi Postingan di Medsos

  • Whatsapp
Oknum ASN, Rusmin Gafur saat dimintai klarifikasi oleh Bawaslu Halmahera Timur terkait postingan salah satu Bakal Calon Kepala Daerah di Medsos (Foto: Istimewa)

MABA – Pemanggilan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) terkait postingan foto Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati di media sosial (Medsos) Facebook, akhirnya dipenuhi oleh salah satu ASN di lingkup Pemkab Haltim.

Dari sejumlah ASN yang diundang untuk dimintai klarifikasi terkait postingan tersebut, hanya satu ASN yang datang dan memberikan klarifikasi ke Bawaslu Haltim.

Muat Lebih

Kordinator Devisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran (HPP) Bawaslu Haltim, Basri Suaib mengatakan pemilik akun facebook atas nama Rusmin Gafur akhirnya memenuhi panggilan Bawaslu Haltim.

” Jadi dia (Rusmin) sudah datang dan penuhi panggilan kami dan berikan klarifikasi,” kata Basri di ruang kerjanya, Selasa (22/10/2019).

Dikatakan, selain memanggil Rusmin Gafur, Bawslu Haltim juga melayangkan undangan klarifikasi kepada pemilik akun facebook Irwanto Maneke dan sejumlah ASN lainnya yang telah memposting foto Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Haltim.

“Yang datang hanya Rusmin, sementara Irwanto dan lainnya tidak datang,” jelasnya.

Bawaslu Haltim akan kembali melayangkan undangan klarifikasi kepada ASN yang memposting/mengunggah foto, like dan memberikan komentar di kolom komentar foto tersebut.

“Kami akan tetap tegas dan tindak apabila kedapatan ASN yang seperti itu. Dan Irwanto tetap kami panggil,” tegasnya.

Ditegaskan, postingan tersebut bertentangan dengan undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, Peraturan Pemerintah nomor 42 tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Koprs dan Kode Etik Pegwai Negri Sipil (PNS), serta Perturan Pemerintah nomor 53 tahun 2010, tentang Disiplin PNS.

“Jadi sudah jelas ada aturan yang melarang itu,” tegas Basri.

Terpisah, Rusmin Gafur berharap kepada Bawaslu Haltim agar memanggil seluruh ASN yang berkomentar maupun memposting foto di Medsos.

“Saya harap Bawaslu tindak ASN yang berkomentar dan memposting foto kandidat selain saya,” harap Rusmin. (Ajo)

Pos terkait