Puluhan Warga Bailengit Demo Tolak Kades Terpilih

  • Bagikan
Puluhan warga Desa Bailengit saat gelar aksi di depan Kantor Bupati Halmahera Utara (Foto: Ronald/KabarMalut)

TOBELO – Puluhan masyarakat dari Desa Bailengit Kecamatan Kao Barat, Kabupaten Halmahera Utara (Halut) menggelar aksi di depan kantor Bupati Halut, Senin (21/10/2019). Massa aksi menolak hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 30 September lalu.

Koordinator Aksi, Hosea Kapita dan Amon Goleo ini menyebutkan bahwa dalam pelaksanaan Pilkades Bailengit lalu, terdapat indikasi kecurangan yang dilakukan oleh panitia Pilkades di desa. Sehingga atas dasar tersebut pendukung 02 dan 03 bersama Cakades tidak mengakui hasil pemilihan yang dimenangkan oleh Cakades nomor urut 01 atas nama Esau Biu.

“Persoalan tersebut juga telah disampaikan kepada pihak DPMD dengan uraian persoalan antara lain, tidak dilaksanakan pendataan secara keseluruhan oleh Panitia, ada nama yang terdaftar di DPT yang bukan merupakan warga Desa Bailengit, nama DPT dibawah umur,” kata Hosea.

Selain itu, dalam uraian persoalan yang dipaparkan yakni kurang lebih 5 orang warga Desa Bailengit yang tidak ada dalam DPT, 4 orang dibawah umur yang masuk dalam DPT, dan 5 orang dalam DPT yang bukan warga Bailengit.

“DPT yang telah ditetapkan Panitia tidak diserahkan ke Cakades, serta panitia Pilkades tidak melaksanakan beberapa tahapan diantaranya salinan DPT tidak diserahkan ke saksi Cakades, sebelum pemungutan tidak dihitung jumlah suara, dan tidak mengumumkan jumlah suara yang digunakan dan tidak digunakan,” terangnya.

Mereka juga menuntut yakni tidak diperkenankan dilakukan pelantikan Cakades terpilih karena adanya indikasi kecuarangan. Selanjutnya juga disebutkan jika dalam aturan tidak dilakukan PSU, maka mereka menuntut agar dilakukan penempatan PJS untuk Desa Bailengit sampai 2021. (Ajo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut