Tiga Dermaga Milik Pemerintah Pusat Bakal Dikelola Pemda Pulau Morotai

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pehubungan Pulau Morotai, Yakub Kurung (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA  – Sebanyak tiga dermaga milik pemerintah pusat di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara (Malut) bakal dikelola Pemerintah Daerah (Pemda) Pulau Morotai. Pengolaan dilakukan Pemda Pulau Morotai jika aset tersebut diserahkan pemerintah pusat ke Pemda.

Kepala Dinas Perhubungan Pulau Morotai, Yakub Kurung mengatakan tiga dermaga yang kini masih tercatat sebagai aset pemerintah pusat direncanakan akan diserahkan ke Pemda yakni, Dermaga Wayabulla Kecamatan Morotai Selatan Barat, Dermaga Bere-Bere Kecamatan Morotai Utara dan Dermaga Sopi Kecamatan Morotai Jaya.

Muat Lebih

“Tiga dermaga yang bakal diserahkan ke Pemkab Morotai itu terdapat dua dermaga yang hingga kini tidak bisa digunakan lagi yakni, Dermaga Wayabulla sudah rusak lantaran dihantam ombak dan Dermaga Bere-Bere yang tidak rusak, namun kegiatan bongkar muat di pelabuhan tidak difungsikan lagi,” ungkap Yakub ketika dikonfirmasi, Selasa (22/10/2019).

Pengelolaan dilakukan Pemda Pulau Morotai setelah serah terima oleh pemerintah pusat ke Pemda melalui Pemerinta Provinsi (Pemprov) Malut. Tidak hanya itu, pemerintah pusat juga rencananya menyerahkan Unit Prasana Pelabuhan (UPP) yang kini sedang proses pelengkapan administrasinya.

“Kaitan dengan penyerahan dermaga ini, sebelumnya kami sudah usulkan ke pemerintah pusat agar penyerahan yang nantinya dilakukan harus dermaga Daruba, tetapi dari hasil koordinasi kami dengan Pemprov Malut itu bahwa aset atau dermaga yang akan diserahkan ke Pemda Morotai itu hanya dermaga yang luar dari Kota Daruba, sehingga saat ini kami lagi lakukan koordinasi ulang agar pemerintah pusat bisa menyerahkan dermaga Daruba juga,” pungkasnya. (Ajo)

Pos terkait