Hujan Deras Akibatkan Pohon Roboh Hantam Pagar SMPN 2 Halbar

  • Whatsapp
Pohon tumbang menghantam pagar SMPN 2 Halmahera Barat (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Hujan deras yang mengguyur wilayah Halmahera Barat (Halbar) jelang sore hari tadi, mengakibatkan sebuah pohon Akasia tumbang dan menghantam pagar SMP Negeri 2 Halbar.

Informasi dihimpun KabarMalut Selasa (22/10/2019), pohon tumbang terjadi sekira pukul 17:00 WIT kerika hujan deras terjadi. Meski tidak terjadi angin, namun pohon Akasia itu tiba-tiba roboh dan menghantam pagar beton SMPN 2 Halbar yang berada di Desa Hatebicara Kecamatan Jailolo.

Muat Lebih

Salah satu saksi Asrul mengaku saat pohon roboh dirinya sedang berada dalam tempat ngopi Kiram Coffee miliknya, yang berhadapan dengan SMP N 2. Pohon tersebut diduga sudah berusai tua sehingga tidak diterpa angin pun langsung roboh ketika musim hujan tiba.

“Hujan deras saja, tidak ada angin namun pohon itu roboh, aneh juga, mungkin saja pohon itu sudah kelihatn tua dan sudah besar tidak mampu bertahan sehingga waktunya mungkin roboh sekalipun hujan, tidak ada angin,” kata Asrul.

Mobil Gren milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Halmahera Barat saat Mengantisipasi dan melakukan pembersihan pohon tumbang (Foto: Surahman/KabarMalut)

Sebelumnya warga hendak menyampaikan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Halbar untuk menebang pohon tersebut karena sudah terlalu besar dan membahayakan pengendara yang lewat di areal sekitar. Tetapi niat warga belum sempat tersalurkan, pohon tersebut sudah tumbang lebih dulu.

“Memang sempat niat saya mau menyampaikan kepada Dinas Lingkungan Hidup, mengingat pohon itu berada di depan sekolah, takutnya jangan sampai waktu anak-anak masuk sekolah terus pohon itu roboh, bisa imbas kepada anak-anak,” terangnya.

Terpisah Kepala DLH Halbar,  Muhammad Adam ketika dikonfirmasi mengatakan terkait dengan kejadian pohon tumabang yang kena pagar SMPN 2, dirinya baru mendapat informasi sehingga langsung memerintahkan stafnya untuk melakukan pembersihan.

“Saya baru dapatkan informasi ini, langsung perintahkan anak buah buah saya yaitu Kabid Kebersihan, mekanik menyangkut dengan mobil gren untuk turun ke lapangan mengantisipasi melakukan pembersihan pohon tersebut,” singkatnya. (Ajo)

Pos terkait