Miniatur Istana Negara Jadi Pusat Perayaan HKG

  • Bagikan
Miniatur Istana Negara yang menjadi pusat pembukaan HKG (Foto: Humas Setda Halsel)

LABUHA – Pembukaan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan ke-47 Provinsi Maluku Utara (Malut) tahun 2019 dengan tema ‘Dengan HKG PKK-KKBPK-Kesehatan ke-47 tahun 2019, PKK Bekerja Bekerja Bekerja Keluarga Indonesia Sehat Sejahtera’, berlangsung meriah di Lapangan Gelora Bahrain Kasuba (GBK) Halmahera Selatan (Halsel) pada, Rabu (23/10/2019).

Turut hadir Gubernur Malut Abdul Ghani Kasuba, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Malut  Faoniah H Djauhar Kasuba, Bupati Halsel  Bahrain Kasuba, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Halsel  Nurlela Muhammad, Wakil Bupati Halsel Iswan Hasjim, Ketua GOW Lenny Amalia, Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe, Ketua Dharma Wanita Lely Lihayati, Unsur Forkopimda, Ketua dan anggota DPRD Halsel, Ketua Tim Penggerak PKK beserta para kontingen dari 10 kabupaten/kota termasuk Halsel sebagai tuan rumah, pimpinan SKPD serta masyarakat Halsel.

Pembukaan HKG ke-47 yang dipusatkan di Istana Negara, salah satu Miniatur Jakarta yang ada di kawasan GBK ini diawali dengan penampilan tarian kolosal oleh Sanggar Saruma Pemda Halsel dengan gabungan siswa/siswi dari beberapa sekolah diantaranya, SMP Negeri 1  Halsel, SMP Negeri 6 Halsel, SMP Negeri 14 Halsel, SMP Oikumene Sayoang, SMP Islam Samargalila Labuha dan SMP Alkhairaat Labuha dibawah asuhan Ketua PKK Halsel Nurlaila Muhammad.

Pada kesempatan ini, Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba menyampaikan pentingnya peran wanita terutama ibu dalam suatu organisasi atau kehidupan berkeluarga.

“Peran wanita dan ibu sangat penting untuk mendukung kerja-kerja kita, sehingga saya berharap kita bisa melibatkan wanita atau istri dalam setiap aktivitas kita untuk membangun daerah demi masa depan bangsa,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku Utara, Faoniah H Djauhar Kasuba menyampaikan bahwa peringatan HKG PKK yang dilakukan, jangan hanya sekedar seremonial. Peringatan HKG PKK yang dilakukan tidak sekedar untuk menciptakan kemeriahan sesaat, tetapi lebih memberikan makna dan ungkapan rasa syukur atas kiprah dan karya nyata gerakan PKK selama ini.

Demi peningkatan kualitas bangsa lanjut Faoniah, melalui upaya-upaya yang diarahkan dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.

“Saya berterima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran Tim Penggerak PKK atas kinerja yang baik selama ini, terutama kepada Bupati Halsel selaku Ketua Pembina Tim Penggerak PKK dan  Ketua Penggerak PKK Halsel yang telah menjadi tuan rumah dan membantu hingga terselenggaranya kegiatan ini,” tandasnya.

Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Halmahera Selata bersama para istri saat menyapa warga di lokasi pembukaan HKG (Foto: Humas Setda Halsel)

Sementara Bupati Bahrain Kasuba, mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut para peserta dari 9 kabupaten/kota di Malut baik persiapan infrastruktur maupun persiapan yang menjadi kebutuhan peserta selama pelaksanaan HKG PKK berlangsung.

“Sebagaimana yang bapak-ibu saksikan saat ini, untuk menyambut HKG PKK KKBPK Kesehatan ke-47 tingkat Provinsi Maluku Utara, kami telah membangun sebuah Miniatur Jakarta, dalam Miniatur Jakarta ini dibangun Monumen Saruma (Monas), Istana Negara, Gedung DPR/MPR, Tugu Proklamasi, Bundaran HI, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, Tembok Cina, Menara Eifel, Piramida Mesir dan Patung Spinks. Selain itu, untuk menambah keindahan Miniatur kami juga menata Taman Bunga Lavender, Taman Bunga Anggrek, Taman Bunga Bougenvil dan beragam jenis tanaman holtikultura. Ini kami persembahkan untuk memberikan kesan yang berbeda bagi seluruh insan PKK di Provinsi Maluku Utara,” jelasnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengajak kepada seluruh undangan dari luar Halsel untuk tidak hanya berkonsentrasi mengikuti lomba tetapi dapat ikut mengeksplorasi keindahan wisata di Halsel.

“Saya mengajak kepada tamu undangan dari luar Halsel, mari mengeksplorasi keindaham wisata alam dan beragam kuliner khas Halmahera Selatan,” ucap Bupati saat membuka dengan resmi HKG PKK KKBPK Kesehatan ke-47.

Peringatan HKG PKK KKBPK Kesehatan ke-47 diikuti oleh Pengurus Tim Penggerak PKK dan Kader PKK Provinsi sebanyak 495 orang yang terdiri dari, Tim Penggerak PKK Kota Ternate sebanyak 50 orang, Kota Tidore Kepulauan sebanyak 40 orang, Halmahera Barat 35 orang, Halsel 50 orang, Halmahera Timur 50 orang, Halmahera Barat 40 orang, Halmahera Tengah 40 orang, Pulau Morotai 40 orang, Pulau Taliabu 50 orang, Kepulauan Sula 50 orang dan Provinsi 50 orang.

Adapun rangkaian kegiatan lomba seni dan olahraga diantaranya lomba-lomba yang melibatkan Tim Penggerak PKK kabupaten/kota dan Kader PKK meliputi lomba pameran UP2K, Qasidah, Live Musik Tunggal, Senam Kreasi Three Ends dan Fashion Baju Adat. Kegiatan yang melibatkan instansi terkait meliputi kerjasama dengan Dinas PMD Provinsi Malut yaitu lomba 10 Program Pokok PKK antar 10 kabupaten/kota dan kerjasama dengan perwakilamn BKKBN Provinsi Malut yaitu Pelayanan KB, Kegiatan Advokasi Program KKBPK melalui kegiatan momentum, kegiatan fasilitasi pelaksanaan pendidikan kependudukan melalui jalur formal, non formal dan informal di Halsel, kegiatan replikasi model solusi strategis, penguatan kerjasama pendidikan kependudukan yang dilaksanakan di Kota Tidore Kepulauan dan pelayanan KB gratis di lokasi acara HKG PKK di Halsel.

Selain itu juga, kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Malut diantaranya partisipasi dalam pameran kesehatan HKG stand Dinas Kesehatan kabupaten/kota, pelayanan kesehatan gratis di lokasi HKG, pemutaran film kesehatan di lokasi acara dan beberapa desa disekitarnya, pertemuan pendamping forum komunikasi pembangunan kesehatan desa di Hotel Buana Lipu,  pertemuan dengan stakeholder di Puskesmas lokus dalam mendukung PIS-PK dan penanggulangan stunting di Hotel Buana Lipu, kerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Malut yaitu bedah 1 unit rumah kurang mampu di Desa Mandaong Kecamatan Bacan Selatan serta kerjasama dengan Pemda Halsel berupa peresmian Sekertariat Tim Penggerak PKK Kabupaten Halsel, penanaman pohon di sekitar Kawasan GBK dan Wisata ke Pulau Pogo-Pogo.

Kegiatan diakhiri dengan Parade Kontingen Peserta HKG PKK KKBPK Kesehatan ke-47 Provinsi Malut tahun 2019 yang diawali oleh Maching Band Pemda Halsel yang diikuti oleh Para Kontingen dari 10 kabupaten/kota termasuk Halsel. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi stand pameran UP2K. (Humas)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut