Polisi Terus Proses Dugaan Pencemaran Nama Baik oleh Bupati Kepsul

  • Bagikan
Kabag Wassidik Dit-Reskrimum Polda Maluku Utara, AKBP Hengky Kurniawan  (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Polda Maluku Utara (Malut) terus menyelidiki dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan Bupati Kepulauan Sula (Kepsul), Hendrata Thes terhadap anggota DPRD Kepsul Ilyas Yainahu. Kasus ini dilaporankan ke ke Polda sejak 27 Juni 2019 lalu.

“Kasus ini kami sementara masih melakukan tahapan penyelidikan sesuai dengan laporan pengaduan yang dilaporkan ke penyidik dan kami terus dalami. Karena untuk kasus ini sudah tertera dalam Laporan Polisi (LP) tentang pengaduan pencemaran nama baik,” kata Kabag Wassidik Dit-Reskrimum Polda Malut, AKBP Hengky Kurniawan kepada wartawan, Kamis (24/10/2019).

Guna memperjelas dugaan tersebut, Hengky mengaku penyidik telah memintai keterangan pada sejumlah saksi. Saksi lain juga dalam waktu dekat akan dipanggil pula untuk memberikan keterangan.

“Kami akan melakukan pemeriksaan tambahan lagi terhadap saksi yang lain untuk dimintai keterangan, dan dalam waktu dekat akan dilakukan pemanggilan, karena masih ada beberapa saksi yang akan dimintai keterangan dan kasus ini terus kami dalami,” terangnya.

Selain itu, penyidik juga bakal memintai keterangan dari saksi Ahli Bahasa untuk mengkaji terhadap masalah ini, apakan memenuhi unsur tindak pidana umum atau hanya tindak pidana ringan. Jika tergolong dalam pencemaran nama baik bersifat fitnah, maka akan masuk dalam tindak pidana umum, tetapi jika masuk dalam tindak pidana ringan maka bakal dilimpahkan penanganannya di Dit-Sabhara.

“Jika beberapa saksi sudah diperiksa maka kami juga akan melakukan pemanggilan terhadap Bupati Kepsul untuk dimintai keterangan terhadap kasus ini,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut