KPU Halsel Studi Banding ke KPU Jabar

  • Bagikan
Ketua KPU Halmahera Selatan, Darmin Hi Hasim (Dahbudin/KabarMalut)

LABUHA – Komisi Pemilihan Umum  Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut), Rabu (30/10) melakukan kunjung di KPU Jawa Barat dalam rangka studi banding tentang pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengelolaan Rumah Pintar Pemilu (RPP).

Kedatangan rombongan KPU Halsel dan jajarannya, diterima oleh Kepala Divisi SDM KPU Jabar, Undang Suriatna dan Kadiv Logistik, Nina Yuningsih. Rombongan yang dipimpin Ketua KPU Halsel, Darmin H Hasim ini diterima di ruang rapat pleno KPU Jabar. Turut mendampingi, dua anggota komisioner lainnya, Muhammad Agus Umar dan Yaret Colling serta pejabat struktural lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Undang Suriatna memaparkan tentang SDM KPU Provinsi Jawa Barat, beberapa poin yang disampaikan adalah jumlah pegawai di KPU Jawa Barat yang jumlahnya sekitar 70 orang, terdiri dari ASN dan tenaga pendukung. Selain itu, Undang juga menyampaikan tentang peningkatan kualitas SDM di Jawa Barat.

“Kita biasa melakukan in house training tentang banyak hal. Yang paling sering dilakukan adalah tentang materi Kepemiluan,” kata Undang Suriatna.

Pada kesempatan sama, Kadiv Logistik, Nina Yuningsih juga menyampaikan pemaparan secara umum tentang kegiatan KPU Jawa Barat. Perempuan yang sebelumnya menjabat sebagai Kadiv Sosialisasi dan Parmas tersebut menyinggung tentang sosialisasi yang pernah dilakukan selama menyelenggarakan Pemilihan Gubernur Juli 2018 lalu.

“Banyak kegiatan yang kita lakukan seperti kerjasama dengan sekitar 40 kampus di Jawa Barat dalam melakukan sosialisasi Pilgub, kemudian kita melakukan kegiatan di Car Free Day, pendekatan seni dan budaya dalam bentuk Sulap dan dongeng,” terang Nina Yuningsih.

Sementara itu, Ketua KPU Halsel, Darmin H Hasim mengaku cukup puas dan berterima kasih karena menerima studi banding tersebut. Darmin juga menyampaikan beberapa catatan hasil kunjungan mereka.

“Kami mendapat pelajaran banyak dari hasil kunjungan ini,” kata Darmin, Kamis (30/10/2019).

KPU Halsel juga mengunjungi ruangan PPID dan Rumah Pintar Pemilu. Mereka melihat langsung tentang mesin untuk e-voting, ruang studio RPP, miniatur dan diorama TPS serta info grafis hasil Pemilukada serentak 2018 dan hasil Pemilu 2019 yang sudah dalam bentuk digital.

Usai mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP), Darmin mengaku mendapatkan banyak pengetahuan yang baru serta ide terkait RPP di Halsel nanti.

“Semoga apa yang kita lihat langsung hari ini, sebagian bisa diaplikasikan di RPP Halsel,” pugkas Darmin. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut