Pekan Depan, Bawaslu Halsel Tindak Lanjut Pelanggaran Tiga Oknum ASN

  • Bagikan
Kordiv Hukum dan Penindakan Bawaslu Halmahera Selatan, Asman Jamil (Dahbudin/KabarMalut)

LABUHA – Bawaslu Halmahera Selatan (Halsel) pekan depan akan melakukan konsultasi ke Bawaslu Provinsi Maluku Utara (Malut) untuk menindak lanjut pelanggaran Pemilu yang diduga kuat dilakukan tiga oknum ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Halsel.

Kordinator Devisi Hukum dan Penindakan Bawaslu Halsel, Asman Jamil menyebutkan ketiga oknum ASN yang diperiksa Bawaslu belum lama ini diantaranya Kabid Asset di Badan Pendapatan Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) berinisial EL, AB salah satu staf di kantor Camat Gane Barat dan NH staf di Dinas Kelautan dan Perikanan (DPK).

“Tiga orang ini dilaporkan melakukan postingan di media sosial terkait dengan bakal calon Bupati,” kata Asman ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (30/10/2019).

Keriga oknum ASN ini disenyalir melanggar undang-undang nomot 5 tahun 2014 tentang ASN, Peraturan Pemerintah nomor 42 tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negri Sipil serta Peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negri Sipil.

Ketiganya itu diantarahya EL yang merupakan Kepala Bidang Asset ini menulis status  terkait bakal calon Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba di grup facebook Pilkada Halmahera Selatan. Sementara, AB menguploat status beserta foto media sosial (facebook) yang mengatakan, PAN secara resmi merekomendasi Usman Sidik sebagai Bupati.

“Sedangkan, NH memasang status di whatsapp yang berisikan foto BK (Bahraian Kasuba) dengan kalimat, satu kali lagi lanjutkan. Pekan ini kami berkonsultasi dengan Bawaslu Provinsi Malut terkait rekomendasi tebusan ke KASN,” turur Asman.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Halsel, Ani Rajilun tidak dilanjutkan karena dalam kajian Bawaslu tidak cukup alat bukti sehingga diberhentikan.

“Ani Rajlun itu kajianya tidak cukup alat bukti sehingga tidak dilanjutkan,” pungaksnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut