UUP Daruba Selalu Periksa Kelayakan Speed Boat Rute Morotai-Tobelo

  • Bagikan
Pelabuhan Speed Boat Daruba (Foto: Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Unit Penyelengaraan Pelabuhan (UPP) Kelas III Daruba, Kabupaten Pulau Morotai melakukan pemeriksaan kelayakan speet boat penumpang angkutan Morotai -Tobelo. Dalam pemeriksaan rutinitas ini, guna  memeriksa kelayakan speed boat yang beroperasi dari Morotai ke Tobelo dan sebaliknya.

Pelaksana Tugas UPP Kelas III Daruba, Rambli Baide mengatakan pihaknya selalu memastikan speed boat layak berlayar dan juga memeriksa kondisi, bobot dan kapasitas kapal dan speed boat. Termasuk pemeriksaan peralatan yang ada di dalamnya.

“Jadi speet boat yang beroperasi ini ada punya organisasi. Jadi kemarin mereka ada mengikuti Bimtek di Tobelo soal keselamatan dalam berlayar dan juga pengambilan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 60 Mil, kalau ibarat di laut itu merek punya SIM untuk mengemudi speet boat,” ungkap Rambli di ruang kerjanya, Kamis (31/10/2019).

Pelaksana Tugas UPP Kelas III Daruba, Rambli Baide (Foto: Fizri/KabarMalut)

Menurutnya, selain memiliki peralatan di speed boat, motoris harus memiliki SIM atau Surat Keterangan Kecakapan (SKK). Jika mereka tidak memiliki, secara otomatis dilarang beroperasi dan itu harus setiap hari diawasi.

“Untuk semua speed boatdi Pulau Morotai semuanya sudah miliki SKK atau SIM laut, pengurusan pembuatan SKK itu di Tobelo, karena untuk ,orotai belum ada kalsifikasi untuk bisa mengeluarkan SKK 60 mil,” tutur Rambli.

Rambli mengatakan  selalu cek speed boat yang hendak bertolak Morotai ke Tobelo yang dicek itu pengangkutan muatan, kelayakan mesin, dan kelayakan speed boat.

“Saya sudah sampaikan di anak-anak, bahwa jangan bosan-bosan. Jadi speed boat mau berangkat dicek dulu semua sudah lengkap dan memenuhi untuk diberangkatkan barulah diberangkatakan,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut