25 Anggota DPRD Halut Resmi Dilantik

  • Bagikan
Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tobelo, Martha Maitimu ketika melantikan 25 Anggota DPRD Halmahera Utara periode 2019-2024 (Foto: Istimewa)

TOBELO – Sebanyak 25 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terpilih Kabupaten Halmahera Utara (Halut), resmi dilantik menjadi anggota DPRD untuk masa bakti 2019-2024. Pelantikan para wakil rakyat ini dilakukan dalam Rapat Paripurna Istimewa yang dipimpin Ketua DPRD Halut periode sebelumnya, Senin (4/11/2019).

Pembukaan rapat paripurna istimewa dilakukan oleh Ketua DPRD Halut, sekaligus pembacaan Surat Keputusan Gubernur Maluku Utara nomor: 475 KPTS/MU 2019 tentang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota DPRD Kabupaten Halut masa bakti 2019-2024 oleh Sekretaris DPRD Halut. Dan pengucapan Sumpah dan Janji anggota DPRD masa jabatan 2019-2024.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan memori DPRD dan Palu Sidang oleh Pimpinan DPRD masa jabatan 2014-2019 kepada Pimpinan DPRD Sementara.

Pimpinan DPRD Sementara Halut, Oni Pulo menyebutkan prosesi pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Halut masa jabatan 2019-2024, sekaligus penyerahan palu sidang dan buku memori dari pimpinan DPRD masa jabatan 2014-2019 kepada pimpinan DPRD sementara telah dilaksanakan. Sementara berdasarkan ketentuan pasal 165 ayat 1 UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, disebutkan bahwa pimpinan DPRD kabupaten/kota belum terbentuk DPRD kabupaten/kota dipimpin oleh pimpinan sementara.

“Keberhasilan yang kita raih ini bukan berarti akhir dari perjuangan, tetapi lebih dari pada itu, ini merupakan awal perjuangan kita bersama untuk mengerahkan seluruh potensi yang ada guna kemajuan Halut,” jelasnya.

Para anggota DPRD Halmahera Utara masa bakti 2019-2024 menandatangani berita acara pengambilan sumpa dan janji jabatan (Foto: Istimewa)

Menurutnya, setiap anggota DPRD dituntut harus mampu untuk menjembatani dan menyuarakan aspirasi masyarakat sebagai kemenangan di lembaga ini.

“Kita juga harus mampu menjaga citra dan martabat lembaga yang kita hormat ini sesui dengan standar kode etik yang berlaku di DPRD. Yang terpenting dari semua itu bahwa kita harus berkomitmen harus mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dari pada kepentingan pribadi, kelompok maupun golongan sebagaimana naskah sumpah dan janji yang baru saja diucapkan dengan khidmat secara bersama-sama,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Halut Frans Manery menyebutkan, dilantiknya anggota DPRD yang baru dengan harapan agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara baik dan dapat memenuhi kepentingan seluruh rakyat di Halut.

“Pelaksanaan pemilihan umum tanggal 17 April 2019, dan hari ini anggota Halut sudah melewatinya ditandai dengan pengucapan sumpah/janji sebagai anggota DPRD Halut periode 2019-2024. Keberhasilan yang diraih dalam Pemilu ini adalah kebehasilan seluruh masyarakat Halmahera Utara dan dibantu oleh jajaran TNI/Polri,” terangnya.

Sebagai angota yang baru bergabung di parlemen, lanjut Bupati, sudah tentu ada hal-hal yang belum diketahui, namun itu bukan menjadi hambatan dalam tugas.

“Saya menghimbau kepada anggota DPRD yang telah berakhir masa jabatannya saya mengapresiasi atas pengabdian jasanya selama menjadi anggota DPRD Halut dan kepada angota yang terpilih kembali, saya harapkan agar terus pertahankan keberhasilannya,” harapnya.

Turut hadir yakni Wakil Bupati Halut Muchlis Tapi Tapi, Kapolres Halut AKBP Yuyun arief Kus Hardiatmo, Ketua DPRD Halut Periode 2014-2019 Yulius Dagilaha, Ketua Pengadilan Tobelo Martha Maitimu, Sekda Halut Fredy Tjandua, Pasi Pers Kodim 1508 Tobelo Kapten Inf Mohamad Ali serta Sekwan dan para anggota dewan yang lama dan baru. (PN/*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut