PPDI Soroti Pemecatan 22 Staf Desa Secara Sepihak

  • Bagikan
Ketua DPD PPDI Halmahera Timur, Edwar Surentu (Foto: Istimewa)

MABA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), menyoroti tindakan pemecatan 22 staf desa secara sepihak yang dilakukan Kepala Desa (Kades) Lili, Lolasita, Bangul dan Desa Momole.

Ketua DPD PPDI Haltim, Edwar Surentu mengatakan sebagaimana laporan yang disampaikan tercatat rincinan staf Desa Lolasita sebanyak 7 orang, Desa Lili sebanyak 7 orang, Desa Momole sebanyak 7 orang  dan Desa Bangul 1 Orang. Dimana para staf desa dipecat tanpa ada alasan yang jelas dari para Kades.

“Dalam Undang-Undang itu jelas mengatur mekanisme pemecatan, bukan dilakukan secara sepihak. Tindakan ini tentunya sangat disayangkan,” tegas Edwar saat dikonfirmasi, Senin (4/11/2019).

Pemecatan yang dilakukan para Kades juga tidak memiliki dasar yang kuat, sebab para staf yang dipecat tidak mendapatkan surat pemecatan bahkan para staf masih mengantongi SK tahun 2015.

“Nah ini juga masalah, karena berkaitan dengan pelaporan gaji perangkat desa ke Pemda, karena sebagian staf desa ini tidak mendapatkan SK pemberhentian dan sampai sekarang masih mengantongi SK staf desa,” ungkapnya.

Atas masalah ini, PPDI telah melakukan hearing dengan DPRD Haltim beberapa waktu lalu meminta kepastian nasib 22 staf desa tersebut.

“Kita juga meminta pemerintah daerah dalam hal ini pak bupati agar para perangkat bisa diangkat kembali ataupun nasib mereka bisa diperjelas,” terang Edwar yang juga Sekretaris Desa Maba Sangaji, Kota Maba.

Sementara itu, Ketua Wilayah PPDI Maluku Utara, Azwar Addin mengatakan untuk permaslahan ini pihaknya telah mendorong kepada pemerintah daerah dan DPRD agar bisa diselesaikan dengan baik.

“Saat ini kita lagi berupaya mendorong agar ada  regulasi berkaitan dengan hak-hak para staf desa agar kedepan mereka bisa mendapatkan haknya secara adil, dan praktek pemecatan sepihak seperti ini tidak terjadi lagi,” singkatnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut