633 Kendaraan Terjaring Operasi Zebra di Pulau Morotai

  • Bagikan
Motor yang terjaring Razia pada saat Operazi Zebra Polres Pulau Morotai (Foto: Istimewa)

DARUBA – Selama 14 hari melakukan Operasi Zebra 2019, Polres Pulau Morotai berhasil menjaring 633 kendaraan. Razia yang dilakukan sejak 23 Oktober hingga 5 November 2019 tersebut dilakukan di sejumlah titik di Morotai secara mobile dan menggunakan sistem tilang online.

Kasat Lantas Polres Morotai, AKP Dany Maribunga menyebutkan bahwa Operasi Zebra kali ini mencapai target. Rata-rata kendaraan yang terjaring yakni roda empat dan dua, namun dirinya mengaku yang mendominasi yakni kendaraan roda dua.

“Dalam Operasi Zebra tersebut, capai target dan yang terjaring roda empat dan dua, dan roda dua paling banyak melakukan pelanggaran,” ungkap Dany saat diwawancarai, Rabu (6/11/2019).

Dia menambahkan secara kasat mata bagi pengendara motor banyak yang tidak menggunakan helm, kemudian komponen pendukung kendaraan serta surat-surat kendaraan motor dan SIM. Sedangkan pelanggaran bagi pengemudi mobil pelanggarannya berupa tidak memakai sabuk pengaman dan tidak memiliki surat-surat kendaraan yang lengkap.

Untuk mekanisme atau sistem pembayaran tilang, dirinya mengatakan para pelanggar harus langsung membayar denda tilangnya melalui Bank, kemudian jika sudah selesai baru barang bukti (kendaraan) bisa diambil kembali.

“Jadi kalau kelengkapan surat-surat kendaraannya tidak ada dan tidak menggunakan helm atau sabuk pengaman dan komponen lainnya, maka akan kami tahan dengan tilang,” tutupnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut