KPU Halsel Buktikan Pesan Bupati Bahrain

  • Whatsapp
Ketua KPU Halmahera Selatan, Darmin Hi Hasim saat berjabat tangan dengan Korda KPU Malut Buhari Mahmud dan Bupati Bahrain (Foto: Dahbudin/KabarMalut)

LABUHA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Selatan (Halsel), Darmin Hi Hasim mengatakan bahwa lembaganya dapat membuktikan pesan Bupati Bahrain Kasuba untuk menghilangkan stigma Halsel yang dikatagorikan sebagai salah satu kabupaten yang tingkat kucurang paling tinggi pada setiap momentum pemilihan.

Pesan Bupati Bahrain itu disampaikan pada tahun 2018 saat pelantikan Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) dalam momentum Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Dikesempatan itu Bupati hadir untuk menyampaikan sambutan bahwa Halsel dikategorikan daerah ruci setiap momentum pemilihan, sehingga harus dihilangkan.

Muat Lebih

“Saya masih ingat waktu itu pak Bupati bilang, KPU periode ini tolong kalian berhentikan stikma dewa ruci di Halsel,” kata Darmin pada saat menyampaikan sambutan di acara Peluncuran Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 di Lapang Merdeka Labuha, Kamis (7/11/2019).

KPU sendiri membuktikan itu pada momentum pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2018 dan pemilihan umum 2019, KPU Halsel berhasil mendapatkan tiga penghargaan. Salah satu penghargaan yang diterima KPU Halsel tiga bulan lalu yaitu Pemilu yang berintegritas dari KPU RI melalui KPU Provinsi Maluku Utara.

“Kami berhasil melaksanakan itu. Kami buktikan itu ke publik Halmahera Selatan bawah stikma tempat ruci di daerah ini kami hilangkan,” sebut Darmin.

Darmin juga meminta masyarakat Halsel melihat sejarah politik dari tahun 2004 sampai 2015. Saat itu Bupati Bahrain adalah salah satu tokoh politik yang terlibat dalam setiap momentum politik sampai sekarang ini. Disaat itu setiap momentum pemilihan selalu bermasalah, tak ayal sejumlah komisioner KPU saat itu digugat di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dari pasangan calon dan berakhir beberapa komisioner diberhentikan.

“Kami yang ada saat ini berkomitmen tinggi menyelesaikan tahap pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 yang berintegritas,”  tegasnya menutup. (*)

Pos terkait