KPU Halsel Luncurkan Maskot Pemilihan Bupati 2020

  • Whatsapp
Ketua KPU Halmahera Selatan, Darmin Hi Hasim (tengah) didampingi Bupati Bahrain Kasuba, dan Kapolres menekan tombol sirine saat Peluncuran Maskot Pimilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 (Foto: Istimewa)

LABUHA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Selatan (Halsel), melaksanakan peluncuran maskot pemilihan bupati dan wakil bupati Halsel tahun 2020. Maskot berupa monyet ini, dinamai SIKIBA alias Si Yakis Bacan.

Peluncuran yang dipusatkan di lapangan Merdeka Labuha itu dihadiri Koordinator Daerah (Korda) KPU Maluku Utara Buhari Mahmud, Bupati Halsel Bahrain Kasuba, partai politik, kepala desa dan masyarakat.

Muat Lebih

Ketua KPU Halsel, Darmin Hi Hasim menyebutkan, KPU Halsel berkomitmen melaksanakan semua tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati di tahun 2020 ini  sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

“Kami berkomitmen untuk itu,” kata Darmin dalam sambutanya, Kamis (7/11/2019).

Pelepasan balon diikuti dengan serine saat peluncuran Maskot Pilkada Halmahera Selatan 2020 (Foto: Istimewa)

Darmin juga menjelaskan, KPU adalah sala satu lembaga di Indonesia yang paling rentan menghadapi gugatan dari peserta kontestan politik. Lembang peradilan yang dihadapi KPU yaitu Bawaslu, Pengadilan Negeri, Pengadilan Tata Usaha Negara dan Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP), jika KPU salah dalam menjalankan aturan pemilihan yang telah ditetapkan.

“Contohnya jika keputusan KPU berkonsukwensi terhadap administrasi maka KPU disidang oleh Bawaslu, jika keputusan KPU berkonsukwensi terhadap pidana maka diadili oleh Pengadilan Negeri. Jika keputusan KPU dalam proses pencalonan itu keliru maka diproses di Pengadilan Tata Usaha Negara. Jika KPU juga keliru dalam mengambil keputusan maka diproses di DKPP terkait etik. Jika dalam pemilihan kepala daerah ini kami dihasut dan keliru maka kami diadili di Mahkama Konstitusi,” cetus Darmin.

Peserta peluncuran pemilihan yang hadir di lapangan Merdeka (Foto: Istimewa)

Dihadapan peserta peluncuran pemilihan bupati/wakil bupati dan Maskot KPU, Darmin dengan tegas mengatakan bawah KPU Halsel pada pemilihan tahun 2020 ini berkomitmen menyelesaikan seluruh tahapan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Saat ini tahapan pencalonan masi berlangsung sampai di bulan Juni,” sebut Darmain.

Sementara itu, Bupati Halsel Bahrain Kasuba meminta KPU Halsel terus menjaga integritasnya sehingga di pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020, berlangsung sesuai tahapan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Pemilihan.

“Saya berharap KPU terus meningkatakn integritasnya demi nama baik daerah ini,” kata Bahrain.  (*)

Pos terkait