Polres Halsel Tilang 1.055 Kendaraan

  • Bagikan
Kendaraan roda dua hasil Operasi Zebra yang diparkir di halaman Kantor Polres Halmahera Selatan (Foto: Dahbudin/KabarMalut)

LABUHA – Pelaksanaan Operasi Zebra Kieraha 2019 telah berakhir pada Selas (5/11) kemaring. Operasi yang berlangsung selama 14 hari itu, Satuan Lantas Polres Halmahera Selatan (Halsel) berhasil menilang sebanyak 1.055 pelanggar pengendara roda dua maupun roda empat.

Kasat Lantas Polres Halsel, IPTU Zaeni Bachtiar berujar pelaksanaan Operasi Zebra yang digelar selama 14 yang telah berakhir Selasa kemarin, telah menjaring ribuan pelanggar lalu lintas yang mayoritas merupakan kendaraan roda dua.

“Pengedaran roda dua yang berhasil dijariang petugas di lapangan sebanyak 995 kendaraan. Sementara kendaraan roda empat (mobil penumpang) sebanyak 37 unit dan (mobil pengangkut barang) sebanyak 23 unit,” kata Zaein kepada wartawan,  Rabu (6/11/2019).

Zaein menambahkan, pelanggar lalu lintas yang dijariang pada saat operasi  didominasi oleh kalangan karyawan swasta sebanyak 571 pelanggar, lain-lain 276 pelanggar, pelajar atau mahasiswa 109 pelanggar, ASN sebanyak 93 pelanggar, serta pengemudi sopir sebanyak 6 pelanggar.  Sedangkan usia pelanggar bervariasi bahkan terdapat usia yang dibawah umur sebanyak 34 pelanggar.

“Selama Operasi Zebra dimulai 23 Oktober 2019 sampai 05 November 2019, selama 14 hari menjalankan razia ada 1.055 penggendara yang ditilang dan teguran sebanyak 146 pengendara,” ucapnya.

Menurut Zaeni, mayoritas pengendara yang terjaring razia itu melanggar peraturan lalu lintas karena tidak menggunakan helm SNI dan perlengkapan kendaraan yang tidak lengkap sebanyak 573 pelanggar. Sisanya ditilang karena melanggar lalu lintas tidak dilengkapi dengan surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK dan lain lain.

“Para pelanggar ini pun kemudian diberikan surat bukti pelanggaran (tilang) untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya di persidangan nantinya,” sebut Zaeni.

Untuk diketahui saat ini Direktorat Lalu Lintas Polda Malut mencatat, Polres Halsel menempati urutan ke lima dengan jumlah tilang 1.055 pengendara di jajaran Polda Malut. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut