Dinas PUPR Halbar Usulan Pembangunan Irigasi Desa Hoku-Hoku

  • Whatsapp
Ilustrasi: Irigasi

JAILOLO – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR), Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), mengusulkan pembangunan saluran irigasi di Desa Hoku-Hoku Kecamatan Jailolo pada tahun anggaran 2020. Usulan ini sebagai tindak lanjut keluhan petani sawah melalui Dinas Pertanian.

Kepala Bidang Irigasi Dinas PUPR Halbar, Djainal Ahadi mengungkapkan usulan pembangunan irigasi, diusulkan dalam anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sekira mencapai Rp 1 miliar untuk pembangunan 400 meter irigasi.

“Pembangunan irigasi di wilayah tersebut mengingatkan untuk pengairan sawah oleh petani setempat masih menggunakan sisitem pompa,”dimana penggunaan sisitem manual tersebut juga di sepakati oleh kelompok tani dengan cara patungan.Sehingga,dengan pembangunan irigasi tentunya membantu petani dalam pengairan air ke sawah,” kata Djainal kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (13/11/2019).

Djainal mengaku pembangunan irigasi di tahun ini berlangsung di Kecamatan Ibu dan pekerjaannya sudah tuntas. Selain itu, terdapat pula proyek irigasi yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara di Desa Goal.

” Untuk proyek irigasi di tahun 2020 hanya ada satu di Desa Hoku-Hoku, demikian halnya di tahun ini juga ada di Kecamatan Ibu yang sudah siap digunakan,” tandasnya. (*)

Pos terkait