Berkas Tersangka Arus Sandiang Dinyatakan Lengkap

  • Whatsapp
Kantor Polres Halmahera Barat (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO – Kapolres Halmahera Barat (Halbar) AKBP Aditya Laksimada memastikan berkas dugaan pencemaran nama baik dengan tersangka Arus Sandiang yang juga anggota DPRD Halbar telah dinyatakan lengkap (P21) oleh Jaksa Penuntut Umum(JPU) Kejari Halbar. Ini menyusul berkas tersangka yang sebelumnya dikembaikan JPU disertai petunjuk itu telah dilengkapi penyidik.

“Polres Halbar sudah menerima surat P21 atas perkara saudara Atus Sandiang dari  Kejari Halbar,sebagai tanda bahwa berkas penyidikan perkara tersebut sudah dianggap lengkap,” ungkap Aditya kepada wartawan, Rabu (20/11/2019).

Aditya memastikan serelah berkas tersangka dinyatakan lengkap, penyidik segera melimpahkan berkas dan tersangka ke Jaksa.

“Saya sudah perintahkan ke penyidik agar secepatnya dilimpahkan,”ujarnya.

Terkait dengan penetapan tersangka oleh penyidik terhadap Atus Sandiang yang juga politisi Partai Gerindra, melalui kuasa hukum yang menurut informasi menempuh jalur hukum dengan mengajukan praperadilan atas penetapan tersangka melalui Pengadilan Negeri(PN) Ternate, tidak menjadi masalah.

Dimana menurutnya, langkah tersebut merupakan hak konstitusional yang diatur oleh Undang-Undang, dimana dirinya juga telah memerintahkan penyidik untuk menghadapi sidang praperadilan dimaksud.

Atus sendiri sebelumnya diadukan oleh Fransiskus Sakalaty pemuda asal Desa Akediri Kecamatan Jailolo yang tidak menerima baik atas tudingan penyalahgunaan anggaran pemuda. (*)

Pos terkait