KPU Halbar Launching Pilkada 2020

  • Whatsapp
Ketua KPU Provinsi Maluku Utara, Puja Sutamat Melaunching Pilkada Halmahera Barat 2020 dengan ditandai Pemukulan Gong (Foto: Surahman/KabarMalut)

JAILOLO –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), menggelar Launching Pilkada 2020 dengan tema Pemilih Berdaulat Negara Kuat, yang bertempat di areal Festival Teluk Jailolo (FTJ) Desa Gufasa Kecamatan Jailolo, Kamis (21/11/2019).

Acara launching yang berlangsung diawali dengan sambutan Ketua KPU Halbar, Miftahufin Yusup dalam laporannya menyatakan pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan Peraturan KPU nomor 15 tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020.

“Pada kesempatan yang baik ini.Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Halmahera Barat, Forkompimda Halmahera Barat dan pimpinan partai Politik dan mengucapkan terima kasih banyak atas menghadiri undangan kami, maka dengan ini harapan kami, kiranya tekad dan semangat yang sama untuk mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020,” ucap Miftah.

Perlu diketahui juga atas nama pimpinan KPU dan jajaran, kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Daerah Halbar serta KPU Provinsi, yang mana telah memberikan sebuah penghargaan kepada KPU Halbar atas dedikasi selama ini.

Poses bersama Komisioner KPU Halmahera Barat, Ketua KPU Provinsi Maluku Utara, Bupati dan Wakil Bupati Halbar, Kejari Halbar, Kapolres Halbar, Danyon RKA 732 Banau dan para pimpinan Paratai Politik Halbar (Foto: Surahman/KabarMalut)

Sementara pada kesempatan itu, Kapolres Halbar, AKBP Aditya Laksimada mengatakan dalam perspektif hukum sebuah pemilihan umum itu merupakan sebuah konflik yang dilegalkan. Oleh karena itu, berbicara tentang konflik akan ada dampaknya baik dari perselisihan yang muncul karena berbeda pilihan maupun tutur kata dalam berbicara terutama mengkampanyekan kandidat calon.

“Untuk itu kami unsur Polri yang nanti dibantu oleh TNI dengan wadah sentral Gakkumdu dengan Kejari sudah mendapat arahan maupun perintah untuk tegas dalam mengawal dan mengamankan Pilkada Halbar,”tuturnya.

Terpisah Bupati Halbar, Danny Missy menuturkan dalam rangka mengikuti acara launching pilkada serentak tahun 2020 dimana ditahun mendatang adalah tahun politik dimana Republik Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah.

“Saya minta tetap pelihara suasana kondusif selama penyelenggaraan Pemilukada tahun 2020 nanti, agar Pemilukada ini bisa berjalan sukses, baik sukses penyelanggaraan maupun sukses menghasilkan pemimpin-pemimpin yang mampu melanjutkn kemajuan pembangunan dan kehidupan masyarakat yang lebih baik dan sejahtera, serta nantinya juga mendapatkan pemimpin Halmahera Barat yang benar-benar mampu mengemban amanah rakyat Halmahera Barat,” cetus Danny.

Ketua KPU Provinsi Malut, Puja Sutamat mengatakan tahun 2020 nanti akan ada Pemilu serentak di seluruh Indonesia sebanyak 270 daerah yang hari pencoblosan ditetapkan pada tanggal 23 September 2020. KPU berharap pada saat pencocokkan dan penelitian (coklit) semua warga masyarakat dapat terdata, sehingga nantinya dapat memberikan hak suaranya pada Pilkada serentak.

“Saya juga mengharapkan pada tahapan Pemilu nantinya agar berjalan dengan sukses,” tandasnya.

Puja didampingi Bupati dan unsur Forkopimda Halbar, kemudian melakukan Launching Pilkada 2020 ditandai dengan Pemukulan Gong dan pelepasan Balon Udara. (PN/*)

Pos terkait