Terlibat Narkoba, Oknum ASN dan Honorer Ditangkap Polisi

  • Whatsapp
Tiga tersangka penyalanggunaan narkoba yang diamankan anggota Direktorat Reserse Narkoba (Dit-Resnarkoba) Polda Maluku Utara (Foto: Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Peredaran narkotika dan obat terlarang (Narkoba) di Maluku Utara (Malut) terus tembuh subur, anggota Direktorat Reserse Narkoba (Dit-Resnarkoba) Polda Malut pun kembali menciduk tiga tersangka penyalanggunaan narkoba, satu diantaranya merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) berinisial R (32) dan satu lagi pegawai honorer di lingkup Pemerintah Kota Ternate berinisial KRS alias O.

Kasubbag Binops Dit-Resnarkoba Polda Malut, AKP Aziz Ibrahim Muamar mengatakan penangkapan ini tak lepas dari laporan masyarakat dimana sekira pukul 04:45 WIT Seni (18/11), anggota Dit-Resnarkoba memperoleh informasi dari masyarakat bahwa seseorang yang dicurigai sebagai perantara jual beli narkotika jenis ganja kering sering bertransaksi di Kelurahan Kampung Pisang Kecamatan Ternate Tengah.

Muat Lebih

“Setelah mendengar informasi anggota langsung melakukan pengintaian dan berhasil mengamankan tersangka FP alias R di belakang eks Kantor Walikota Ternate,” kata Aziz kepada wartawan, Selasa (26/11/2019).

Tersangka R kemudian digeledah badan serta pakaiannya dan ditemukan barang bukti berupa satu sachet kecil plastik bening berisi narkoba jenis ganja kering dengan berat 1,09 gram, yang disimpan di saku depan celana tersangka. Saat diinterogasi, tersangka mengakui membeli narkotika jenis ganja kering dari seseorang berinisial KRS alias O yang tercatat sebagai pegawai honrer di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Ternate.

“Selanjutnya terlapor dan barang bukti dibawa ke kantor Direktorat Reserse Narkoba Polda Malut guna dilakukan proses penyidikan,” akunya.

Di hari yang sama sekira pukul 13:00 WIT, anggota melakukan pengintaian di sekitar rumah tersangka KRS alias O, di Kelurahan Maliaro Kecamatan Ternate Tengah. O pun diamankan, kemudian dilakukan penggeledahan badan, pakaian dan rumah tersangka.

“Hasil ditemukan barang bukti berupa 8 linting ganja kering yang diisi dalam pembungkus rokok Marlboro merah dengan berat 3,15 gram, 2 sachet kecil plastik bening berisi narkotika jenis ganja kering yang diisi dalam pembungkus rokok Surya dengan berat 1,79 gram yang disimpan dalam bagasi sepeda motor milik tesangka,” cetusnya.

Selain itu, Polisi juga menemukan satu buah kertas tembakau manis merek Narayana, 3 pak plastik kecil warna bening, dan 1 buah HP merk Xiaomi note IV warna hitam berisi sim card, selanjutnya terlapor dan barang bukti dibawa ke kantor Dit-Resnarkoba guna dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut.

Sementara satu tersangka lainnya yakni SB alias Y , ditangkap Senin (4/11) di sekitar Lapas Kelas II A Ternate Kelurahan Jambula, Kecamatan Ternate Pulau, Y ditangkap anggota Opsnal Dit-Resnarkoba setelah mendapat informasi dari Pegawai Lapas Kelas II A Ternate.

“Setelah ditangkap dan dilakukan penggeledahan badan terhadap tersangka SB alias Y, tidak menemukan barang bukti. Nanti dilakukan pengembangan baru ditemukan satu sachet plastik sedang berisi Narkotika jenis ganja kering yang disimpan dalam kantong kresek warna merah di balik tembok area Lapas kelas II A Ternate,” terangnya.

Ketiga tersangka dan barang bukti kini ditahan penyidik Dit-Resnarkoba guna dilakukan pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut.  Ketiga tersangka ini dijeret dengan pasal 111 Ayat (1), dan Pasal 114 ayat (1), UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. (*)

Pos terkait