STIKMAH Tobelo Wisudakan 135 Mahasiswa

  • Bagikan
Suasana rapat senat terbuka STIKMAH Tobelo, di Gedung Polygrand (Foto: Istimewa)

TOBELO – Rapat senat terbuka Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makariwo Halmahera (STIKMAH) Tobelo, Halmahera Utara (Halut), yang dilaksanakan di Gedung Polygrand, resmi wisudakan 135 Mahasiswa Sarjana Strata Satu (S1) dan Diploma III (DIII) tahun akademik 2018-2019, Jumat (29/11/2019).

Ketua STIKAH Tobelo, dr Arend L Mapanawang menyampaikan sebuah impian soja-sojo (Cakalele Terbang) yang artinya bahwa berakting tinggi untuk berbuat sesuatu demi melangkah maju dengan program 1.000 mahasiswa baru, untuk program Makariwo Diamond di tahun 2020. Berdasarkan data STIKMAH setiap tahun lulusan SMA/SMK mencapai 2.500 orang di Halut, sementara  700-1000 orang  yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi baik dalam daerah maupun ke luar. Bagaimana dengan 1.500 orang lulusan SMA/SMK?

“Makanya kami meminta kepada pemerintah daerah, untuk kita konek, pemerintah daerah punya program apa melalui pendidikan mahasiswa gratis ini, maka STIKMAH siap untuk memberikan kuliah gratis sampai wisuda. Mahasiswa baru hanya bermodalkan dengan handphone android, karena akan sinkron dengan program star up Herbalove Indonesia sebuah inovatif STIKMAH Tobelo,” jelas Arend.

Kepala Bagian Kelembagaan Sistem Informasi dan Kerjasama L2DIKTI wilayah XII, Lemy Lussikoy memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada civitas akademika STIKMAH Tobelo, sehingga pada saat ini dapat terlaksananya rapat senat terbuka wisuda sarjana dan diploma.

“Kami mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati STIKMAH Tobelo, kiranya ilmu dan pengalaman yang telah diperoleh, dapat berguna kedepannya,” ujarnya.

Menurutnya, STIKMAH Tobelo telah berhasil menorehkan pengembangan program pada bidang riset, publikasi dan inovatif hingga melakukan kerjasama dengan sejumlah institusi pendidikan di luar negeri.

“Dengan adanya koordinasi yang baik antara STIKMAH Tobelo dengan L2DIKTI sehingga dapat mengantarkan STIKMAH Tobelo pada perkembangan saat ini sangat membangkan bagi daerah ini,” jelasnya.

Sementara dalam kesempatan itu Sekretaris Daerah (Sekda) Halut, Fredy Tjandua mewakili Bupati Halut menyaksikan secara langsung prosesi wisudanya ke-135 wisudawan dan wisudawati yang merupakan putra dan putri daerah.

“Suatu kehormatan bagi saya bisa mewakili  Pemerintah Daerah untuk bisa hadir untuk melihat secara langsung kegiatan wisuda ini,” ucapnya.

Ia berharap semoga apa yang didapat selama menempuh ilmu di STIKMAH Tobelo, bisa bermanfaat dengan baik nantinya buat masyarakat dan daerah.

“Bagi para wisudawan agar kedepan dapat mengembang amanah profesi sebagai tenaga kesehatan yang bekerja secara ikhlas, bertanggungjawab  dan professional, sesuai ilmu dan kode etik yang didapat selama proses perkuliahan,” harapnya.

Turut hadir pada acara tersebut, kepala L2DIKTI wilayah XII yang di wakili Lemy Lussikoy, para dosen dan Alumni STIKMAH Tobelo, para perwakilan pimpinan Perguruan Tinggi di Halut, serta para tamu undangan lainnya. (PN/*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut