Tuntut Papua Merdeka, Sejumlah Pemuda  di Malut Diamankan Polisi

  • Whatsapp
Aksi tuntut Papua Merdeka yang dilaksanakan sejumlah Pemuda-Pemudi di Maluku Utara (Foto: Istimewa)

TERNATE – Sejumlah pemuda-pemudi di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, menggelar aksi demonstrasi menuntut Papua Merdeka dan menentukan nasibnya sendiri. Aksi yang berlangsung di depan Kampus B Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate ini langsung dibubarkan secara paksa oleh aparat TNI-Polri.

“Memang betul tadi ada gerakan sekelompok organisasi yang melakukan aksi unjuk rasa di depan kampus B UMMU Ternate, dengan tentutan aksi bela kemerdekaan Papua, namun dibubar paksa oleh anggota yang berada di lapangan,” kata Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda saat dikonfirmasi, Senin (2/12/2019).

Muat Lebih

Azhari mengaku sekelompok pemuda yang tergabung dalam beberapa organisasi ini melakukan aksi menuntut Papua Merdeka. Aksi belum berlangsung lama langsung dibubar paksa oleh pihak aparat TNI-Polri yang berada di lapangan.

“Mereka melakukan aksi tanpa ada pemberitahuan kepada pihak Polri dan itu melanggar UUD penyampaian pendapat di muka umum,” katanya.

Aparat TNI-Polri membubarkan paksa massa aksi (Foto: Istimewa)

Sempat terjadi saling dorong antara massa dengan apararat ketika dilakukan upaya pembubaran secara persuasif. Massa aksi melawan petugas bahkan memaki-maki dan memukul petugas, sehingga petugas mengambil langkah tegas untuk mengamankan beberapa pemuda yang diduga sebagai provokator dalam aksi itu.

“Yang diamankan pada saat aksi tadi pagi hanya 10 orang untuk dimintai keterangan terkait aksi yang mereka lakukan, namun mereka semua asli putra dari Maluku Utara,” akunya.

Azahari sendiri geram dan merasa heran kenapa ada putra-putri dari Malut yang harus melakukan unjuk rasa membela Papua Merdeka. Padahal masalah di Malut saja begitu banyak, tetapi tidak dilakukan demo, dan harus demo bela Papua Merdeka.

“Kita ajak bicara baik-baik kepada mereka pun tidak mau mendegar,” pungkasnya. (*)

Pos terkait