61 CJH Haltim Siap Tes Kesehatan

  • Bagikan
Kepala Kantor Kemenag Halmahera Timur, Idris (Foto: Hasrul/KabarMalut)

MABA – Sebanyak 61 Calon Jamah Haji (CJH) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), yang dijadwalkan menunaikan ibadah hajo tahun 2020 mendatang, Rabu (11/12) besok akan melakukan tes kesehatan di Puskesmas Kota Maba.

Kepala Kantor Kemenag Haltim, Idris mengatakan kegiatan tersebut merupakan tes kesehatan pertama sehingga masih terpusat di puskesmas sebagaimana ketentuan yang berlaku.

“Nanti untuk tes kesehatan seperti rontgen dan pemeriksaan darah akan dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah,” ungkap Idris kepada wartawan, Selasa (10/12/2019).

Dari total 61 CJH Haltim tersebut, Idris mengaku masih mengacu pada kuota dasar tahun sebelumnya, karena hingga saat ini belum ada keputusan presiden berkaitan penetapan penambahan jumlah jemaah CJH secara nasional.

“Bagitu juga besaran BPIH hingga saat ini kita masih menunggu keputusan presiden,” katanya.

Kemenag dalam setiap pemberangkatan calon haji tetap memprioritaskan CJH  lanjut usia (lansia), dimana untuk tahun ini masih menunggu keputusan presiden.

“Kalau ditetapkan ada penambahan maka kita sudah siapkan Lansia dengan kategori usia 70-75 tahun keatas,” terangnya.

Sementara itu, menanggapi pernyataan Bupati Haltim, Muhdin Ma’bud tentang prioritas warga asli Haltim, Idris mengaku tetap berpatokan pada syarat administrasi kependudukan baik KTP atau keterangan kependudukan.

“Sepanjang calon jemah memenuhi syarat, kita tidak bisa tolak, karena kita tolak maka sebuah pelanggaran, mungkin langkah yang kita lakukan adalah dengan mengkroscek data CJH dan melakukan konfirmasi ke pemerintah desa. Jadi kalau ada CJH yang dari daerah lain dan punya KTP bukan Haltim terus bisa lolos itu saya pastikan tidak mungkin, karena akan kita proteksi,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut